Marcellyna Masyayu Diah Anastasya Semester 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com -- Potensi adalah kemampuan dasar, kualitas, dan kekuatan diri seseorang yang masih terpendam atau belum terwujud akan tetapi belum sepenuhnya dimunculkan atau diperlihatkan secara utuh untuk dipergunakan menjadi kekuatan yang nyata secara maksimal oleh seseorang. Sedangkan potensi ekonomi negara adalah kemampuan ekonomi yang ada disuatu negara yang perlu dikembangkan dan belum terwujud sehingga akan terus-menerus dikembangkan untuk memajukan dan mendorong perekonomian negara secara keseluruhan.

 

Bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan perekonomian negara itu sendiri, diantaranya. Meningkatkan ketersediaan serta perluasan distribusi untuk negara. Meningkatkan pendapatan negara, dan Menghindari krisis ekonomi pada saat pandemic covid19 ini.


Pada saat ini Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang semakin menurun dikarenakan pandemi covid19. Pada saat covid19 ini seluruh dunia menghadapi penurunan ekonomi dan menyebabkan kontraksi yang sangat dalam karena hampir semua negara melakukan pembatan mobilitas yang cukup ketat. Bahkan banyak negara yang melakukan lockdown yang memberikan konsekuensi pada perekonomian yang langsung merosot sangat tajam, oleh karena itu kita harus memulihkan perekonomian negara ini agar menghindari yang namanya krisis ekonomi.


Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar perekonomian negara bisa stabil, diantaranya:

1). Melakukan kerjasama internasional dengan negara lain

Misalnya antara negara berkembang dengan negara maju bekerjasama di bidang IPTEK, sebab IPTEK menjadi salah satu faktor efektif dan efisiennya proses produksi. Negara maju biasanya lebih menguasai bidang IPTEK ini.

2). Mengelola Sumber Daya Alam (SDA)

SDA menjadi salah satu aspek dalam mengembangkan potensi ekonomi negara. SDA berperan sebagai bahan dasar untuk setiap produksi, tanpa adanya SDA ini maka suatu negara tidak akan secara optimal untuk mengembangkan potensi ekonomi negara.

3). Mengembangkan Inovasi Dalam Bidang Usaha. 

Inovasi dalam bidang usaha yang dilakukan perusahaan, Usaha Mikro Kecil, dan Menengah yaitu UMKM dapat juga meningkatkan tingkat perkembangan ekonomi negara ini. Kita bisa turut andil dalam hal ini karena dengan mengembangkan ide usaha yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan konsumen tanah air.


Potensi perkembangan ekonomi negara bisa terjadi dimana saja, baik melakukannya didalam negeri atau pun diluar negeri seperti memperbanyak meng ekspor barang agar bisa meningkatkan potensi ekonomi negara dan juga bisa dengan kita membeli barang-barang lokal buatan Indonesia agar bisa mengembangkan ekonomi negara.


Kapankah potensi perkembangan ekonomi di negara ini akan terjadi? Dalam upaya meningkatkan potensi perkembangan ekonomi negara ini, perkembangan ekonomi mungkin saja bisa terjadi saat negara mulai memanfaatkan sumber daya alam atau bisa juga disaat kita melakukan hal-hal kecil yang sekiranya bisa mengembangkan ekonomi negara, contohnya untuk masyarakat, yaitu mengembangkan usaha dan menjual usaha nya itu sendiri.


Dalam meningkatkan potensi perkembangan ekonomi suatu negara tidak hanya pemerintah negara saja yang bisa meningkatkannya, kita juga sebagai warganya harus mampu berperan aktif dalam dalam melakukan cara-cara efektif yang dapat mendorong potensi perkembangan ekonomi negara pada saat covid ini. Karena jika pemerintah negara saja yang mengembangkan ekonomi negara tanpa bantuan masyarakat maka hasilnya kemungkinan tidak akan maksimal.


Cara yang bisa dilakukan masyarakat agar bisa turut andil dalam mengembangkan potensi negara adalah antara lain;

1. Mengikuti perkembangan teknologi modern

2. Menjaga keutuhan sarana dan prasarana yang telah disediakan

3. Berinvestasi dipasar modal

4. Meningkatkan keterampilan diri

5. Turut serta dalam pendanaan UMKM

Perkembangan ekonomi menjadi salah satu faktor penting yang dalam keberhasilan suatu negara ekonomi sangat dibutuhkan dan dianggap sebagai sumber peningkatan standar hidup karena penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Pengaruh pandemi ini sangat amat mempengaruhi perekonomian negara ini, maka oleh dari itu baik pemerintah negara dan masyarakat alangkah baiknya kita sama-sama untuk berpotensi mengembangkan perekonomian negara pada saat ini supaya tidak terjadi krisis ekonomi. ***


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.