Safira Audi Prameswari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com -- Adanya Pandemi Covid-19 di berbagai negara rupanya memberikan boomerang yang cukup menyedihkan. Selain merenggut banyak korban, tetapi pandemi juga berhasil menjatuhkan keadaan ekonomi di berbagai negara. Banyak inflasi yang terjadi di berbagai negara, bahkan inflasinya meningkat dari tahun ke tahun, meskipun di antara negara tersebut sudah mengatur suku bunga dalam mengatasinya seperti Brazil, akan tetapi inflasinya masih menginjak angka 10 persen yang mana Brazil tidak sendirian dalam menghadapi inflasi. Disusul negara-negara lain seperti Rusia dengan angka inflasi 8,4 persen, lalu ada Meksiko dengan inflasi 7,4 persen, Afrika selatan juga menduduki inflasi yang lumayan tinggi dengan 5,5 persen, Inggris mengalami inflasi hingga di atas angka 5 persen, dan ada Korea selatan dengan inflasinya mencapai 3,7 persen.

Tak hanya negara-negara tersebut, Eropa rupanya juga mengalami inflasi, disusul dengan India. Sementara Jepang memang mengalami kenaikan inflasi sebesar 0,6 persen di tahun lalu, tetapi inflasi yang terjadi di sana tidak berdampak terlalu buruk karena Jepang sudah terbiasa dan mampu untuk mengatasinya.

Sementara di Indonesia sendiri, inflasi tidak terlalu buruk dan tidak terlalu tinggi seperti yang terjadi di negara-negara lain. Sebagaimana yang dikatakan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, bahwa inflasi di Indonesia cukup baik karena masih sama seperti tahun lalu. Pada Desember 2021, tercatat bahwa persentase inflasi di Indonesia menduduki angka 1,87 persen, dan tahun ini diperkirakan menginjak angka 1,9 persen. Angka persentase ini menunjukkan betapa baiknya negara Indonesia dalam menghadapi inflasi pada masa pandemi, meskipun beberapa negara lain mengalami kenaikan angka inflasi dari tahun sebelumnya.

Kestabilan angka inflasi yang ada di Indonesia diperoleh dari berbagai cara yang telah diupayakan. Tentunya cara ini bukan bermaksud untuk menghilangkan inflasi itu sendiri, akan tetapi untuk menekan laju kenaikan inflasi di negara Indonesia. Beberapa cara menekan peningkatan inflasi di Indonesia adalah dengan meratakan pendapatan para penduduk, menaikkan pajak, memberikan harga maksimum pada beberapa aspek, dan hal lainnya. ***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.