Taravita Trisfeanti Semester 3/Akuntansi Fakultas Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang 

TamiangNews.com -- Eh baju kamu bagus banget beli dimana nih? Laptop kamu fiturnya lengkap banget, merk apa sih? Mau beli juga! Barang-barang kamu branded semua, boleh rekomen tempat belinya gak? 

Kalian sadar gak sih, dari pertanyaan - pertanyaan di atas sama saja kalian sudah meng-influence lingkungan kalian? Dengan adanya media sosial tentunya, banyak informasi dan trend yang ingin diikuti oleh semua orang baik itu trend teknologi, fashion, bahkan lifestyle. Hal ini semakin marak dengan adanya media sosial yang bisa menyebarkan informasi sehingga banyak masyarakat yang ingin terlihat up to date melalui media sosialnya. Nah dari sini tentunya kamu bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin bahkan kamu bisa mendapatkan penghasilan lho!


Yup, media sosial bukan hanya menjadi ajang untuk eksis, tapi saat ini banyak orang-orang produktif yang mampu menghasilkan income dengan memanfaatkan media sosial. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bukan? Kita bisa produktif dimana saja dan kapan saja, namun uang tetap masuk di rekening kamu dengan lancar. Bahkan kamu tidak perlu pergi ke kantor, memakai kemeja slim fit, dan bangun pagi setiap hari. Kamu akan menjadi selebriti di media sosial yang mampu meng-influence banyak massa. Jadi, media sosial bisa menjadi platform untuk tetap berpenghasilan selain sebagai platform untuk terus mengikuti trend.


Adanya media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi atau media hiburan saja, tetapi berbagai informasi dan produk siap jual juga ada didalamnya. Sebagai pengguna media sosial kita harus kreatif dalam memanfaatkannya bahkan hingga mendapatkan keuntungan. Dengan mendapatkan penghasilan tentunya kamu bisa menabung dan memenuhi kebutuhan secara mandiri dong. Nah, sekarang lihat diri kamu dan mulai pikirkan lagi, pekerjaan apa yang sekiranya bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan media sosial.


Di era digital seperti saat ini kehadiran media sosial cukup membantu untuk bisa menghasilkan income. Sebenarnya pekerjaan apa saja sih yang bisa di akses melalui media sosial? Tentu banyak dong, tetapi baiknya kamu memiliki skill terlebih dahulu ya, karena akan menambah kualifikasimu sehingga netizen semakin interest dengan konten-kontenmu. Dengan menciptakan lapangan pekerjaan melalui media sosial tentunya kaum millenial sangat terbantu ya. Nah, yuk kita bahas pekerjaan yang memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan income:


• Vlogger

Menjadi vlogger dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Youtube dan Instagram. Seperti yang kita ketahui vlogger lebih fokus pada skill editing video yang kreatif. Konten dari vlooger sendiri dapat berupa outfit of the day (OOTD), make up, edukasi, horror story, konten anak-anak, food, dan sebagainya. Nah, vlogger biasanya membagikan preview videonya melalui Instagram dan mengunggah full videonya via Youtube. 

Jika video tersebut di tonton oleh jutaan orang kamu bisa menghasilkan uang dari adsense video tersebut. Poin plus lainnya kamu bisa mendapatkan produk-produk endorse dimana kamu berperan untuk mengiklankan barang-barang tersebut di media sosialmu dengan memberikan review lho. Di satu sisi kamu mendapatkan produk dan di sisi lain kamu juga dibayar karena jasa promosi yang kamu berikan ke produk tersebut. Menyenangkan bukan? Gimana, sudahkan tertarik untuk mencoba?


• Penulis dan Content Writer

Untuk kamu yang hobi menulis dan bingung karena tidak memiliki pembaca, kamu bisa mulai bergerak menjadi penulis lepas dan content writer. Jika menjadi penulis kamu bisa menghasilka e-book yang nantinya bisa di jual kepada pembaca setiamu. Jika karyamu ingin di terbitkan oleh percetakan terkenal semacam Gramedia, tentunya royalti yang didapat cukup banyak ya. Sedangkan untuk content writer bisa menulis dalam bentuk artikel di blog ataupun tulisan dalam bentuk content di Instagram, Twitter, maupun Facebook. Nah, jika tulisanmu menarik kamu bisa di rekrut oleh start up atau perusahaan yang ingin mempromosikan produknya. Dari sini kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak lho, kamu bisa juga memanfaatkan skill ini untuk bekerja secara freelance. Pekerjaan ini pun dapat dilakukan di mana saja bahkan di rumah sekalipun. Terdengar mengasyikkan bukan? Apalagi jika menulis merupakan hobimu, kamu bisa melakukan hobi, namun tetap digaji.


• Content Creator

Untuk pekerjaan satu ini dimulai dengan menghasilkan karya, kemudian di promosikan melalui media sosial. Promosi ini bermaksud menarik minat pengguna media sosial lain sehingga karyamu menjadi terkenal. Selain itu content creator juga kerap dibutuhkan untuk promosi bisnis juga. Dari sini, kalian bisa mendapatkan pendapatan dengan cukup banyak. Content creator biasanya membuat karya dalam bentuk video, foto, artikel, infografik, bahkan e-book, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, peran content creator sangat dibutuhkan untuk meningkatkan brand awareness bahkan brand image dari suatu produk.


• Desainer Grafis

Desain grafis menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan karena semakin maraknya penjualan maupun promosi produk menggunakan platform online, salah satunya media sosial. Bagi kamu yang memiliki hobi menggambar, kamu bisa merealisasikan hasil gambarmu di media sosial sebagai pekerjaan lho. Yup, sebutannya adalah seorang desain grafis yang memvisualisasikan gambaran dalam bentuk 2D atau 3D. Nah, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai portofoliomu sehingga kamu akan di-contact oleh perusahaan yang tertarik dengan karya-karyamu. Dengan begini, tentunya kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup karena seorang desain grafis sangat dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis ataupun menarik atensi konsumen agar membeli produk yang diiklankan.


• Online Shop

Nah, untuk yang satu ini sepertinya sudah common dan dapat ditemui dimana saja ya? Benar sekali, memulai usaha dengan membuka online shop sangat cocok untuk kamu yang aktif menggunakan media sosial. Jika modal menjadi hambatanmu untuk memulai bisnis online shop, jangan risau. Kamu bisa memulai usaha online shop tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshipper, dimana kamu berperan sebagai seseorang yang kembali menjualkan barang dari produsen. Pendapatan dari online shop setidaknya dapat menambah uang jajan bagi pelajar atau mahasiswa. Ketika online shop tersebut sudah memiliki brand sendiri maka, boom! Pelanggan bisa meningkat pesat apalagi dengan adanya promosi di media sosial. Dengan demikian, omzet yang tinggi akan dapat diraih oleh kalian yang melakukan penjualan dengan online shop.


• Internship

Bagi kamu yang ingin mengenal dunia kerja, kamu bisa memulai internship atau magang untuk merasakan vibe bekerja di sebuah perusahaan. Dari media sosial kita dapat mengetahui info mengenai internship ini. Sebak banyak start up dan perusahaan yang mempromosikan program magang via media sosial. Nah untuk kamu yang ingin berpenghasilan, maka ambillah internship dengan sistem paid atau tedapat imbalan berupa uang, sedangkan bagi kamu yang hanya ingin menambah pengalaman tanpa income kamu bisa ambil intership dengan sistem unpaid. Adanya internship via media sosial cukup membantu mahasiswa dan fresh graduate dalam menambah pengalaman tentunya dengan penghasilan yang lumayan ya!

Pekerjaan-pekerjaan di atas bisa menjadi pekerjaan utama jika ditekuni, tentunya dengan penghasilan yang fantastis. Seringnya pekerjaan di media sosial dianggap sebagai pekerjaan sampingan karena kerjanya yang santai dan dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Padahal, dengan waktu yang fleksibel dan tidak terikat, pekerjaan ini mungkin cocok menjadi pekerjaan utama yang kalian tekuni, bahkan income-nya mampu melebih pekejaan utama kalian. Karena tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan income yang tinggi saat bekerja dengan memanfaatkan media sosial.


Anak muda juga diuntungkan dari adanya pekerjaan di atas lho! Apalagi media sosial bukan sesuatu yang awam bagi anak muda. Mayoritas anak muda di Indonesia membukan media sosial yang mereka punya untuk terus update. Jadi beberapa pekerjaan di atas bukan suatu hal yang susah untuk dilakukan anak muda Indonesia karena anak muda saat ini sudah mahir menggunakannya. Yaa bisa kita lihat sendiri bagaimana fenomena ini ada di masyarakat.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang yang sangat membatasi aktivitas di luar rumah, maka pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa membantu menghasilkan pendapatan bagi kamu yang dituntut untuk tetap berada di dalam rumah. 


Pekerjaan-pekerjaan tersebut juga cocok untuk dilakukan generasi millenial yang sedang berada di masa produktif. Selain itu mahasiswa dan fresh graduate juga cocok untuk mencoba pekerjaan ini mengingat semua aktivitas dilakukan di dalam rumah. Sehingga untuk mengurangi rasa jenuh kamu dapat mencoba pekerjaan-pekerjaan tersebut. Mengisi waktu luang, tapi tetap mendapatkan income. Sounds great!

PR-mu sekarang adalah tingkatkan skill agar kamu bisa melakukan setidaknya salah satu dari pekerjaan-pekerjaan di atas. Selain itu, bangun relasi agar semakin besar kemungkinan perusahaan merekrut dirimu untuk menjadi bagian dari tim mereka. Bangun image yang positif dengan menampilkan konten-konten positif di media sosial milikmu agar kesan anak muda yang kompeten dan berjiwa positif melekat dalam dirimu. Perbaiki juga portofoliomu agar mampu menarik netizen serta perusahaan.


Beberapa langkah di atas bukan suatu hal yang gampang dilakukan. Oleh sebab itu, mulailah melangkah dari sekarang agar kamu bisa selangkah lebih maju dari orang lain di usiamu saat ini yang masih sibuk rebahan sana-sini dan belum bisa meng-upgrade diri. Apalagi fakta bahwa media sosial sangat dekat denganmu. So, grab your phone and upgrade yourself! ***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.