Fauzan Andi Mahasiswa Semester 3 Fakultas Ekonomis Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com -- Seluruh pelajar indonesia khususnya di kalangan pemuda, sering mengalami yang Namanya “JENUH” , masalah ini sangat sering di alami oleh siswa dan mahasiswa. Hampir semua orang mengalami masalah atau kesulitan menemukan solusi agar bisa menghadapi masalah jenuh ini dengan baik. Sebelum saya memberikan tips – tips agar menuntaskan masalah jenuh ini saya akan menjelaskan penyebab dari “jenuh” itu sendiri. Penjelasan berikut.

Pelajar kesulitan dalam memahami materi yang di pelajarinya.

Menurut saya masalah ini sangat sering di alami, karena saat kita belajar di sekolah maupun di kampus, kita belum tentu mencerna materi yang kita pelajari ke dalam otak kita. Disebabkan guru menjelaskan materi terlalu cepat atau gaya menjelaskan guru yang sulit di pahami karena orang – orang saat belajar cara belajarnya beda – beda belum tentu semuanya sama.

Jenuh karena terlalu banyak tugas

Poin ini juga sering di alami pelajar karena tugas adalah pekerjaan yang harus di selesaikan sendiri. Dan pelajar tersebut jenuh karena waktu deadline tugas yang harus di kumpulkan dalam  waktu tertentu, kemudian tugas dari pelajar tersebut menumpuk dan bingung bagaimana harus menyelesaikan dengan tepat waktu. Pada akhirnya pelajar tersebut jenuh dan stress terhadap banyaknya tugas.

TIPS !!

Saya akan memberikan tips – tips yang bisa buat kalian terbantu dalam menyelesaikan masalah jenuh agar memudahkan dalam aktivitas belajar kalian di sekolah maupun unversitas.

1. Teman

Yapp. Yang pertama adalah teman , kenapa?. Kita hidup tidak perlu harus menyelesaikan semua masalah sendirian kalian akan membutuhkan Namanya teman agar bisa saling membantu bekerja sama dalam menyelesaikan masalah “ Jenuh” ini. Kalian para pelajar bisa saling menanyakan materi yang kalian sulit memahami ke teman dan kerabat kalian yang sudah memahami materi tersebut. Kemudian tugas juga kalian bisa menyelsaikan Bersama – sama maksud saya bukan menyontek, tapi menanyakan materi rumus – rumus yang harus di selesaikan.

2. Jangan panik

Jangan panik Ketika mendapatkan masalah yang besar, biasanya pelajar panik Ketika mengerjakan tugas karena deadline sudah sangat mepet akhirnya pelajar panik dan mengakibatkan jenuh. Jangan panik , rileks seolah -  olah kalian bisa mengerjakan tugasnya dan membuat rencana, misalnya di tulis di notebook kalian. Seperti quest – quest (TUGAS). Ada quest harian , mingguan, dan Bulanan harus bisa mengatur tugas dengan baik.

3. Optimis dalam belajar

Optimis bisa di bilang percaya diri hampir mirip

Nah! Kenapa optimis ?   karena saya pernah mengalami jenuh karena tidak optimis dalam belajar atau mengarjakan tugas. Penyebabnya karena saya berpikir bahwa materi ini susah nihh , saya ga bakal bisa paham nihh , terus yang tugas , karena saking banyaknya saya berpikir tugasnya susah – susah dan akhirnya saya tidak mengerjakan sama sekali dan jenuh. Oleh karena itu optimis ini sangat penting. Berpikir bahwa kita bisa , materi ini saya bisa memahami tidak susah. Berpikir bahwa kita pasti bisa menyelesaikannya.

Ingat, Jenuh itu sangat berbahaya dalam study atau karier kita karena jenuh ini bisa mengambat kita dari kesukesan di masa depan nanti. Oleh karena itu kalian harus bisa menghadapi jenuh kalian masing – masing pendapat orang beda – beda sesuai pengalaman yang sudah pernah dialaminya.

Berikut itu adalah tips – tips dari saya agar kalian bisa mengatasi masalah jenuh dalam belajar versi saya sendiri . mohon maaf jika ada kesalahan kata dari saya semoga dengan tips – tips yang saya berikan ini cukup membantu kalian semua para pelajar Indonesia. Sekian dan terima kasih.***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.