Andre Nugroho Mahasiswa Semester 1 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com -- Seperti yang akhir akhir ini kita rasakan bahwa di era milenial nilai nilai pancasila sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang penting bahwasanya saat ini di era milenial di sibukan dengan masalah masalah duniawi mereka. Apalagi saat ini masih terjadi wabah covid 19 maka tidak bisa dipungkiri bahwa era milenial ini butuh beberapa kesadaran akan pentingnya nilai nilai Pancasila untuk di implementasikan tapi yang kita lihat saat ini itu semua seperti suatu pembicaraan untuk mencari sensasi saja tanpa menanamkan nilai-nilainya.sehingga nilai nilai pancasila sudah mulai menjadi suatu yang asing lagi.tandanya negara kita sedang dalam bahaya karena kita tahu bahwa pancasila sendiri adalah sebuah idiologi negara indonesia. 


"Pemahaman terhadap Pancasila jangan dianggap remeh, kita harus membangun karakter bangsa lebih maju kedepan,"" kata Tri Kurniadi, Wakil Walikota Jakarta Selatan, saat pembekalan bina idielogi Pancasila dan wawasan kebangsaan bagi  generasi muda di Kota Jakarta selatan, Senin (8/6) jadi bila nilai nilainya sendiri sudah terasingkan maka sudah dipastikan pancasila sudah terkikis dari era milenial. lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah ini? tentu saja dengan harus mengimplemntasikan nilai nilai pancasila itu sendiri dengan cara dari yang terkecil sampai yang terbesar. Di harapkan menananamkan nilai Pancasila ini dengan kesadaran hati dan pikiran. 


Karena Pancasila adalah hal terpenting di negara kita jadi sebagai masyarakat negara Indonesia yang baik marilah kita menanamkan nilai nilai ini dengan senantiasa ikhlas dan menjadi sebuah kebiasaan yang membuat negara Indonesia bangga kepada masyarakatnya. 


Berikut inilah cara menanamkan nilai Pancasila di kehidupan sehari hari yang tentunya tidak akan terlepas dari Pancasila itu sendiri karena Pancasila adalah suatu ideologi dan dasar negara yang mutlak. 


1. Pertama dengan pancasila sila pertama itu sendiri yaitu beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. bagaimanakah mengimplementasikanya yaitu misalnya kita sebagai pemuda pelajar kita senantiasa berdoa kepada tuhan, menjalankan kebaikan, tidak merusak alam di Indonesia, membela tanpa takut kebenaran dan gotong royong sesama masyarakat Indonesia

2. Menegakan kebenaran dan keadilans aat ini kita sudah mulai jarang menemukan orang yang menegakan kebenaran dan juga keadilan jangankan kita sebagai masyarakat pemimipin pemimpin kita pun juga masih ada yang tidak menegakan keadilan dan kebenaran jadi mengimlementasikanya adalah dengan kesadaran sendiri karena pasti kita tahukan mana yang baik dan juga mana yang salah maka dari itu marilah kita sebagai pemuda milenial menghidupi lagi nilai menegakan keadilan dan juga kebenaran sebagai contoh generasi yang akan mendatang.

3. Ini bahkan seakan sudah menjadi slogan saja yaitu meletakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi/golongan padahal meletakan kepentingan bangsa diatas pribadi sangat diagungkan oleh pahlawan pahlawan kita terdahulu sekali lagi marilah kita dengan kesadaran penuh membiasakan kepentingan bangsa ini diatas kepentingan pribadi kita.


Nilai-nilai kepahlawanan harus selalu menjiwai setiap perjuangan anak bangsa. Untuk itu, nilai kepahlawanan perlu terus menerus ditanamkan dalam dada setiap anak bangsa.Ketiga diatas tadi adalah contoh contoh untuk mengimplementasikan nilai nilai pancasila di era milenial untuk tetap menjaganya agar tidak terasingkan oleh pemuda pemuda penerus bangsa kita diharapkan bisa melakukanya. Dengan harapan, setiap anak bangsa dan generasi muda khususnya dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan tersebut dan mau mengejawantarkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbagsa, dan bernegara.  []***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.