Mega Mahasiswa Semester 1 Fakultas Pendidikan Biologi, Universitas 
Maritim Raja Ali Haji
TamiangNews.com -- Pergaulan Bebas  merupakan bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban, tuntunan, aturan syarat dan perasaan malu. Bahasannya “ Jagalah pergaulanmu demi masa depanmu. 

Kata tersebut dapat diartikan sebagai dorongan bagi setiap anak muda atau remaja untuk tetap menjaga pergaulan. Pergaulan bebas seperti, seks bebas, penyalahgunaan narkoba, merokok, membuat kerusuhan, tawuran penggunaan pakaian yang tidak senonoh. 

Pergaulan bebas di artikan dalam bentuk kenakalan remaja. Pergaulan bebas merupakan salah satu aturan yang melanggar norma yang sudah berlaku. Seperti norma agama, norma social dan lainnya.
 
Ada banyak macam macam pergaulan bebas seperti, mabuk mabukan, pesta hura hura, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan hal yang mengarah ke negative lainnya. Pergaulan bebas sering terjadi pada orang dewasa serta remaja akan tetapi kemungkinan bisa terjadi pada anak anak. 

Dampak pergaulan bebas bagi remaja, hilangnya semangat untuk sekolah, hamil di luar nikah, prestasi menurun, dapat merugikan orang lain, merengangnya keharmonisan dengan keluarga. 

Penyebab pergaulan bebas dapat di jelaskan karena kurangnya nilai keagamaan, bisa jadi terdapat tekanan dari orang tua, serta banyak lagi. Demikian bahwasanya pergaulan bebas dapat di cegah melalui pendidikan. Remaja,serta orang dewasa dapat mengetahui mana prilaku baik dan perilaku buruk.

Pergaulan bebas dapat disebabkan dengan gaya hidup yang menyimpang, dimana anak anak remaja dapat megikuti tren tren masa kini yang mengarah ke hal yang negative. Pencegahan pergaulan bebas dapat dilakukan dengan cara mengontrol diri. Para remaja yang tidak dapat mengontrol dirinya cendrung mudah terjun ke pergaulan bebas. 

Di zaman yang semakin maju , sangat berdampak kepada perkembangan pergaulan bebas, pergaulan bebas yang banyak terjadi  pada kalangan remaja merupakan suatu masalah yang sangat berpengaruh kepada perkembangan zaman, oleh karena itu mahasiswa harus lebih peka terhadap apa yang terjadi dalam lingkungan sekitar.cara cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan pergaulan bebas, menajak anak anak remaja lainnya untuk membentuk karakter yang positif, membuat suatu komunitas dan mengadakan webinar tentang pencegahan pergaulan bebas karena, sangat berpenagruh baik untuk membimbing keprilaku yang baik. 
Pergaulan bebas ini sangat penting dilakukan pencegahan supaya dapat menyelamatkan para remaja serta tidak banyak yang terjerumus ke pergaulan bebas. []***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.