Nurul Asma Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang 

TamiangNews.com --- Kemajuan dan perkembangan teknologi yang diirimgi dengan perkembangan sistem informasi berbasis teknologi terjadi begitu pesat pada era globalisasi ini. Dengan adanya teknologi modern masyarakat bisa lebih bermanfaat teknologi yang sudah di modernisasi dan juga dapat dimanfaatkan fasilitas yang telah di sediakan oleh pihak berkait. Hal tersebut tidak hanya membawa pengaruh pada pengelolaan suatu perusahaan, tetapi jiga telah memberi pengaruh yang signifikam terhadap sisitem informasi akuntansi dalam suatu organisasi bisnis.


E-banking adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ialah perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan nasional relative maju dibandingkan sektor yang lainnya. Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini.


E-banking ialah sebuah layanan online yang dari perkembangan yang dioperasikan menggunakan teknologi internet dengan tujuan mempermudah nasabahnya melakukan teknologi internet dengan tujuan mempermudah penggunanya melakukan semua transaksi perbankan seperti transaksi uang, cek saldo, akses produk perbankan seperti membuka tabungan berjangka, deposit, pinjaman KTA/KMG/KPR hingga membayar tagihan kartu kredit, listrik  dan air.


Adapun kelebihan dan kekurangan menggunakan E-banking sebagai beritkut:

Kelebihan E-banking

Praktis dan gratis. Bisa menghemat waktu dan biaya dalam melakukan transaksi perbankan. Tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi ataupun antri ke bank karena semuanya bisa diakses dari ponsel. Transaksi e-banking dimana saja dan kapan saja (24 jam).

Nasabah bisa melakukan banyak transaksi keuangan membuat dan mengatur jadwal transaksi dalam satu waktu sekaligus

Hemat daya operasional bagi bank. Bank yang telah menerapkam sistemm informasi teknologi dan memiliki internet banking pastinya menghemat biaya oprasional karena tak perlu lagi membuka cabang bank baru.

Melakukan berbagai macam transaksi bank seperti transfer uang antar bank non tunai, cek saldo dan mutase rekening, bayar tagihan bulanan, bayar tagihan kartu kredit, membeli pulsa elektrik, bayar transaksi di ecommerce.

Membuka rekening tabungan baru, membuka tabungan baru pendidikan, tabungan berjangka, membeli asuransi, membeli redaksana, atau membuka rekening deposito dengan cepat dan aman


Kekurangan E-banking

Rawan pencuriaan dan penyadapan data. Sebagai pengguna e-banking dan juga pihak bank perlu waspada akan kejahatan cyber oleh hacker terhadap pencurian data nasabah di e-banking bisa saja terjadi apabila ada kelalaian. Jadi, nasabah wajib mematuhi semua prosedur penggunaan e-banking/internet banking yang baik sehingga lebih aman. Sementara, pihak bank harus rajin melakukan pengawasan dan perawatan terhadap infrastruktur teknologi informasi perbankan.

Rawan kejahatan online dengan berbagai modus seperti teknik skimming, phising, penawaran hadiah palsu, jangan mudah tergiur hal yang tidak masuk akal atau iklan-iklan yang menggiurkan.

Rawan terkena seragan malware/virus. Ini penting sekali diperhatikan, sebaiknya menggunakan paket data atau koneksi internet yang aman agar tidak terkena serangan virus. Jangan gunakan koneksi VPN gratisan dan Wi-fi public sebab ada banyak virus malware. 

Tidak bisa akses e-banking di daerah terpencil atau sinyal koneksi internet rendah. Di Indonesia, tentunya ada beberapa daerah yang masih belum memiliki sinyal internet yang kuat, jadi hal ini merupakan kelemahan e-banking karena harus online untuk transaksi.


Kemudahan penggunaan merupakan suatu keyakinan tentang proses pengambilan keputusan. Jika seseorang yakin sistem informasi mudah digunakan maka dia akan menggunakannya. Sebaliknya jika seseorang merasa yakin sistem informasi tidak mudah digunakan maka ia tidak akan digunakan.

Jelas dan mudah di mengerti. Jika pengguna usaha menggunakan layanan e-banking mudah untuk dibaca dan dipahami.

Tidak dibutuhkannya banyak usaha untuk berinteraksi dengan sisitem. Tanpa harus mengeluarkan usaha lebih pelaku usaha dapat dengan mudah untuk mempelajari dan menggunakan layanan e-banking.

Sistem mudah digunakan. Pengguna usaha dapat dengan mudah mempelajari dan menggunakan layanan e-banking

Sistem mudah untuk dioperasikan sesuai dengan keinginan pengguna. Pelaku usaha dapat meggunakan e-banking sesuai dengan kebutuhan dan tujuan, dengan memperlancar transaksi bisnis.***



Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.