Novi Hera Ardila Semester 1 Fakultas S1 Keperawatan UPI Kampus Sumedang

TamiangNews.com --- Pada tanggal 23 November 2021, Twitter dihebohkan oleh bocornya data pribadi lewat fitur baru yang di keluarkan oleh pihak Instagram dalam Instagram Story yaitu‘Add Yours’, yang baru dikeluarkan beberapa minggu ke belakang.


Fitur Add Yours merupakan salah satu challange yang digunakan oleh pengguna Instagram. Fitur tersebut digunakan lewat Insta Story, yaitu stiker yang berisi tantangan tanya jawab yang bisa terbilang random. Seperti pertanyaan nama panggilan, alamat rumah, tempat tanggal lahir, tanda tangan bahkan ada yang mengikuti challange selfi dengan KTP.


Namun ada saja oknum yang menyalahgunakan  fitur ‘Add Yours’ ini untuk penipuan, sehingga menjadi ancaman bagi pengguna Instagram yang mengikuti challange tersebut. Yang awal tujuannya untuk hiburan di sosial media, malah menjadi korban penipuan.

Sama seperti sekarang yang sedang ramai diperbincangkan di Twitter, salah satu akun  bernama @ditamoechtar_ menceritakan bahwa temannya menjadi korban penipuan. Temannya tersebut tertipu dimintai uang untuk di transfer. Dengan di iming-iming sebuah panggilan nama yang akrab.


“Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adalah panggilan kecil temen saya, yang hanya orang dekat yang tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini (Add Yours di Instagram),” ucap Dita.


Unggahan tersebut menjadi pusat perhatian warga Twitter. Sebenarnya data pribadi itu tidak boleh disebar. Karena akan menimbulkan aksi penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan jika challange selfi dengan KTP itu akan berbahaya, dapat menimbulkan bocornya data identitas. Bahkan bisa saja ada oknum yang menggunakan kesempatan tersebut untuk pinjaman online.***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.