Aqila Zahirah
Mahasiswa Semester 1
Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Fakultas keguruan ilmu pendidikan
Universitas Universitas Maritim Raja Ali Haji
                    TamiangNews.com --- Pandemi (dari bahasa Yunani πᾶν pan yang artinya semua dan δήμος demos yang artinya orang) adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. Penyakit endemik yang meluas dengan jumlah orang yang terinfeksi yang stabil bukan merupakan pandemi. Kejadian pandemi flu pada umumnya mengecualikan kasus flu musiman. 

Sepanjang sejarah, sejumlah pandemi penyakit telah terjadi, seperti cacar (variola) dan tuberkulosis. Salah satu pandemi yang paling menghancurkan adalah maut hitam, yang menewaskan sekitar 75–200 juta orang pada abad ke-14. Pandemi yang terkenal saat ini adalah  Pandemi Coronavirus 2019–2020 (COVID-19) - Pandemi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas – Pandemi ini sudah hampir 3 tahun memasuki negara Indonesia yang menyebabkan ribuan bahkan jutaan orang meninggal dunia, yang mengakibatkan angka kematian karena covid-19 Indonesia urutan ke-12 dunia tertinggi di asia.  Angka Kematian karena Covid-19 Indonesia Urutan ke-12 Dunia, Tertinggi di Asia - Tribunnews.com.

Dampak yang dirasakan dari munculnya pandemi Covid-19 ini terhadap dunia pendidikan sangat besar dan dirasakan oleh berbagai pihak dalam bidang pendidikan terutama guru, kepala sekolah, peserta didik dan orang tua. Dampak dari tingginya tingkat penyebaran Covid-19 yang tinggi di Indonesia, universitas dan perguruan tinggi lainnya ditutup dan tidak terkecuali sekolah dasar juga ikut ditutup. 

Dengan adanya perintah penutupan sekolah, maka pemerintah harus memikirkan dan mengambil langkah yang tepat dan cepat agar proses pembelajaran tidak tertinggal dan peserta didik tetap menerima hak untuk mendapatkan ilmu seperti saat berada di sekolah. Langkah yang diambil pemerintah selanjutnya adalah memastikan proses pembelajaran tetap berlangsung tapi tidak dengan tatap muka langsung melainkan dengan online dan penggunaan media elektronik. 

Banyak organisasi yang menggunakan metode penyampaian berbasis daring untuk pelatihan pegawai. 

Munculnya pandemi COVID-19 memberikan dampak pada kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan di sekolah/universitas kini menjadi belajar di rumah melalui daring. Pembelajaran daring yang diterapkan harus disesuaikan dengan kemampuan masing-maisng sekolah agar proses pembelajaran berjalan lancar. Belajar daring harus dengan bantuan teknologi digital seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Zoom, video konferensi, telepon atau live chat, dll. 

Dengan adanya penggunaan media daring mengharuskan tenaga pendidik tetap memperhatikan dalam pemberian tugas melalui pemantauan pendampingan salah satunya melalui grup WhatsApp sehingga peserta didik mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Tenaga pendidik juga harus tetap berkomunikasi dengan pihak orang tua untuk memberikan informasi terkait perkembangan peserta didik. 

Masalah yang dialami dalam dunia pendidikan terutama oleh peserta didik, guru, serta orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online adalah kurangnya penguasaan teknologi, adanya penambahan biaya kuota Internet, bertambahnya pekerjan untuk orang tua dalam mendampingi anak-anaknya dalam proses belajar mengajar, komunikasi dan sosialisasi antar peserta didik akan menurun, proses interaksi guru dan orang tua menjadi semakin berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi tenaga pendidik dan peserta didik karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi setiap waktu. 

Dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas -  
Saat ini para mahasiswa yang berada di Indonesia dipaksa untuk menuntut ilmu secara virtual, hal ini terjadi dikarenakan pandemi COVID-19 yang sedang menyebar di seluruh daerah Indonesia. Mahasiswa kini harus membiasakan diri untuk berhadapan didepan teknologi yang membantu menjalankan proses belajar mengajarnya. Dengan begitu, tentu banyak mahasiswa yang merasa jenuh bahkan bosan dengan situasi seperti ini dikarenakan mereka tidak dapat beraktifitas diluar seperti biasanya. 

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dirumah ketika kalian melakukan pembelajaran virtual . antara lain : 
Mengikuti Seminar Online
Mungkin dengan mengikuti kelas secara online saja tidak membuat hasil pembelajaran masuk sepenuhnya kedalam diri. Ada baiknya jika kita menambah wawasan baru yang akan berguna di kemudian hari, yaitu dengan mengikuti seminar online. Dengan terjadinya wabah COVID-19 ini membuat banyak institusi dan universitas membuat seminar online guna untuk membantu para mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan mereka, bahkan banyak yang mengadakan seminarnya secara gratis tanpa dipungut biaya apapun salah satunya BINUS University.

Beribadah
Salah satu kegiatan yang harus dilakukan setiap manusia adalah taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya pandemi seperti ini, kita harus lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan agar segala situasi yang sedang terjadi saat ini dapat terkendali dan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar agar seluruh pelajar di Indonesia bisa terus menempuh pendidikan mereka. 
Kita juga tentu harus berdoa agar wabah ini segera berakhir agar semua kegiatan dapat berjalan seperti biasanya.

Tetap Semangat Mengikuti Perkuliahan Secara Online

Walaupun seluruh kegiatan belajar mengajar dijalankan secara online, tidak berarti membuat kita sebagai mahasiswa malas untuk tetap menjalankan kegiatan ini. Dengan dilakukan secara online ini tentunya malah akan membuat mahasiswa lebih semangat lagi, karena banyak yang bisa dilakukan ketika sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, seperti contohnya sambil mendengarkan musik, menikmati cemilan, dan memilih tempat paling nyaman untuk mengerjakan tugasnya.

Olahraga
Tidak lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan jasmani dan rohani, olahraga sangat dibutuhkan di masa pandemi ini agar tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga di pagi hari sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar menjadi lebih fokus nantinya dan tubuh tetap terjaga dari berbagai penyakit.

Menekuni Hobi
Selain mengikuti seminar online, banyak hal yang bisa membantu dalam mengembangkan potensi yang ada didalam diri kalian salah satunya adalah dengan menekuni hobi. Dengan kegiatan online ini kalian dapat mengekspresikan diri lebih luas lagi dengan mungkin belajar hal baru dan mempelajari lagi lebih dalam hobi kalian yang mungkin nantinya setelah masa pandemi ini berakhir menjadi sangat bermanfaat bagi diri kalian. 

Kegiatan Positif di Rumah bagi Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19 | BINUS Online Learning –
Karena aktivitas’’ tersebut banyak mahasiswa yang produktif terhadap waktu dalam masa pandemi ini ,dengan meningkatkan kreativitas. Salah satunya terjadi di daerah karang anyar - Pandemi Dongkrak Prestasi Mahasiswa APEKA – Timlo.net.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan mahasiswa dalam masa pandemi ini,semoga kita sama-sama dapat mengambil dampak positif dan lebih kreativ lagi terhadap segala hal . []*** 

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.