Sinta Krismaya Prodi Akuntansi Semester III  Universitas Muhammadiyah Malang
TamiangNews.com -- Menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim, untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) yang dilaksanakan dari rumah. Pembelajaran secara daring ini telah berlangsung hampir selama dua tahun. Tentunya banyak dampak-dampak yang ditimbulkan dan merubah segala aspek khususnya di dunia pendidikan saat ini, sehingga dibutuhkannya adaptasi. 

Adanya perubahan-perubahan pada kebutuhan dan konsumsi, seperti meningkatnya kebutuhan penggunaan internet karena penerapan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kebutuhan e-wallet, dan kebutuhan belanja online. Namun, tak sedikit pula para mahasiswa yang malu untuk sering meminta kepada orang tua. Berikut hal-hal yang dapat dipilih mahasiswa dalam mencari keuntungan sekaligus pengalaman.

1. Aktif dalam Kompetisi
Aktif berkompetisi banyak memberikan manfaat bagi para mahasiswa. Manfaat dengan aktif berkompetisi dapat menambah pengalaman, melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, melatih public speaking, kemampuan menulis, bersaing secara sehat dan memperluas relasi. Dengan aktif berkompetisi kamu mampu menciptakan personal brandingmu dan lebih percaya diri karena terbiasa dengan persaingan. 

Banyak orang yang berpendapat bahwa pekerjaan di masa depan terkadang tidak ada kaitannya dengan jurusan yang ditempuh saat berkuliah.  Hal ini tidak perlu dijadikan patokan, namun yang harus kamu siapkan adalah kamu harus memiliki skill penunjuk personal brandingmu sebagai pembeda antara kamu dengan orang lain, seperti contohnya kamu memiliki kelebihan di bidang editing, menulis, membuat konten kreatif, skill persuasif dan negosiasi, dan masih banyak lagi yang bisa kamu kembangkan, salah satu caranya dengan mengikuti kompetisi. Selain banyaknya pengalaman yang didapatkan dengan berkompetisi, hadiah kejuaraannya pun sangat lumayan untuk menambah saldo belanja untuk menambah pemasukan. 
Kamu bisa mengikuti lomba-lomba sesuai bidang yang kamu sukai seperti business plan, Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), essay, KBMI, dan masih banyak lagi baik dalam tingkat universitas, regional, nasional, hingga internasional. Informasi perlombaan yang dilakukan secara daring saat ini sangat banyak terlebih pada media social. Kamu bisa mencari informasi perlombaan di kampus, media social, maupun internet. Adanya pandemi covid-19 jangan membuat semangat berprestasimu menurun, namun jadikan sebuah tantangan dalam meraih hal-hal besar. 

2. Apply Beasiswa
Salah satu hal yang ramai menjadi incaran mahasiswa adalah beasiswa. Beasiswa memiliki berbagai macam bentuk seperti beasiswa atas berupa bantuan UKT, berupa uang saku, tunjangan Pendidikan lainnya, hingga student mobility. Kamu bisa apply pada beasiswa-beasiswa seperti Beasiswa Unggulan Kemendikbud, beasiswa BASNAZ, beasiswa Djarum Plus, beasiswa BCA Finance, beasiswa Mizan, beasiswa Bank Indonesia, dan yang lainnya. Setiap program beasiswa memiliki persyaratan dan dalam bentuk yang berbeda pula. Bagi kamu pengincar beasiswa, perhatikanlah persyaratan - persyaratannya secara mendetail, persiapkan dengan matang, lengkapi berkas-berkasmu dengan hal-hal pendukung lainnya sebagai nilai tambah dari penilaian dan tentu saja dibantu do’a dan ikhtiar.

3. Investasi
Kecanggihan teknologi zaman sekarang mempermudah siapa saja untuk berinvestasi, tak terkecuali mahasiswa. Dahulu investasi identik dengan modal yang besar, sehingga dinilai kurang cocok untuk para mahasiswa. Sebagai kategori pemula kamu dapat memulai investasi seperti reksadana, emas, deposito, trading saham, dan P2P Lending. Dengan berinvestasi sejak dini, kamu dapat belajar mandiri secara finansial, belajar berbisnis, dan me-manage keuangan. Kamu pun dapat memperoleh keuntungan jika mampu membaca peluang pasar.

4. Berwirausaha
Sebagian besar mahasiswa mungkin akan berfikir kalau berwirausaha haruslah membutuhkan biaya yang besar. Namun, untuk kamu yang masih newbie di dunia Kewirausahaan, kamu bisa memulai usaha sebagai dropshipper, reseller, atau membuka jastip (jasa titip) barang. Hal ini memiliki biaya dan resiko yang tidak terlalu besar. 

5. Jasa Kelas Online
Salah satu cara belajar yang efektif adalah mengajar. Masa pembelajaran secara asinkron di tengah pandemi Covid-19 ini yang tidak memungkinkan untuk ke kampus, kamu sebagai mahasiswa dapat memanfaatkan waktu luang untuk membuka kelas les online bagi tingkatan SD, SMP, SMA, hingga jenjang perguruan tinggi yang tentunya dalam bidang yang kamu kuasai, ya!. 

6. Webinar 
Masa kuliah online ini bisa kalian isi dengan mengikuti webinar-webinar. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, memperluas relasi, dan sertifikat yang berguna bagi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah), kerap kali beberapa webinar menyediakan door prize bagi para peserta event. Biasanya door prize yang diberikan adalah pemenang quiz atau penanya terbaik. Nah, bagi para mahasiswa, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan dari door prize. Door prize yang disediakan pun bermacam-macam tergantung event yang menyelenggarakannya, seperti pulsa, saldo GoPay, hingga e-wallet. Lumayan, bukan? 

Demikian beberapa hal yang dapat diikuti oleh mahasiswa dalam artikel kali ini "Seni Meraup Cuan Ala Mahasiswa di Tengah Pandemi". 

Selain manfaat pengalaman yang positif untuk pengembangan diri, kamu juga mampu belajar mandiri secara finansial sejak dini dengan hal-hal yang ada di sekitarmu. 

Jadilah mahasiswa yang aktif, manfaatkan waktu perkuliahan isi dengan hal-hal yang mampu mengembangkan skill-skill yang kamu miliki. 

Ini sangat berguna terlebih di dunia kerja nantinya. 
Pengalaman berprestasi tak hanya diraih di dalam kelas, namun banyak hal di luar kelas sebagai tempat belajar. 

Semoga artikel ini dapat membantu khususnya bagi teman-teman mahasiswa yang sedang berjuang saat ini. Salam Mahasiswa!. ***

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.