TamiangNews.com, SERUWAY - Dandim 0117/Aceh Tamiang  Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita melakukan panen perdana Talas Beneng di Kampung Padang Langgis Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, Jumat (24/09).


Penanaman Talas Beneng oleh Kelompok Tani Subur Jaya 1 Kampung Padang Langgis Kecamatan Seruway merupakan binaan dari Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Tanaman Talas Beneng ini diklaim sebagai yang pertama di Aceh Tamiang. Talas Beneng di Kampung Padang Langgis ini ditanam pada lahan dengan luas kurang lebih 1 hektar. 

Ketua kelompok Tani Subur Jaya 1, Lukman kepada TerasMedia mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh dari penanaman Talas Beneng ini, diantaranya perawatan yang mudah, tidak ada gangguan hama penyakit serta manfaatnya yang luar biasa.

Menurut Lukman, Talas Beneng ini memiliki khasiat diantaranya daunnya dapat dijadikan sebagai pengganti tembakau, disamping itu juga daunnya dapat dijadikan sebagai pengganti minuman teh yang memiliki rasa yang enak.

Sedangkan umbinya dapat dijadikan tepung talas sebagai bahan makanan atau sumber karbohidrat, jelas Lukman.

Kegiatan penanaman Talas Beneng yang dilakukan pihaknya merupakan binaan Kodim 0117/Aceh Tamiang. Lukman sangat berterimkasih kepada Dandim 0117/Aceh Tamiang dan Danramil Seruway beserta jajarannya yang telah membina Kelompok Tani Subur Jaya 1 selama ini.

Sementara itu, Datok Penghulu Kampung Padang Langgis, Ridwan mengatakan, Talas Beneng ini sebagai tanaman pangan alternatif memiliki potensi besar dalam pengembangannya baik untuk konsumsi domestik maupun ekspor. 

Ridwan juga sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah atau instansi terkait ke depannya, baik itu bantuan yang sifatnya pendampingan maupun bantuan berupa sarana lainnya sehingga para petani semakin termotivasi dalam bercocok tanam. 

Hadir dalam acara panen perdana Talas Beneng ini Dandim 0117/Aceh Tamiang  Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, Kadistannak Aceh Tamiang, Perwakilan dari Polres Aceh Tamiang, Camat Seruway M. Hans Marta Kesuma dan Danramil Seruway. [] Redaksi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.