TamiangNews.com | ACEH TAMIANG - Vaksin adalah salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan kelompok masyarakat kebal dari berbagai penyakit menular, termasuk Covid-19 yang saat ini sedang mewabah. 


Hal itu ditegaskan oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0117/Aceh Tamiang, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita kepada media ini menanggapi pelaksanaan Vaksinisasi di Aula Puskesmas Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (31/07/21).


"Sebagai garda terdepan penanganan pandemi COVID-19, Kodim 0117/Aceh Tamiang  mendukung sepenuhnya program vaksinasi.  


Vaksin ini merupakan upaya untuk menciptakan kelompok masyarakat yang kebal dari berbagai penyakit menular, termasuk COVID-19," tegasnya.


Menurutnya kegiatan Vaksinasi ini sebagai salah satu pencegahan dan mengantisipasi penularan COVID-19 bagi masyarakat luas. 


Dandim menambahkan untuk kegiatan di wilayah Kecamatan Manyak Payed pihaknya bersama Poliklinik Kesehatan (Polkes) IM 09.02 menggelar pelaksanaan Vaksin Masal COVID-19 kepada masyarakat yang berada diwilayah Kecamatan Manyak Payed.


Lebih lanjut Ia mengatakan, Vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Manyak Payed merupakan Tahap kedua dengan jumlah keseluruhan masyarakat yang sudah divaksin 3.500 dan  menyediakan vaksin 30 tial. 

Teks foto : Pelaksanaan Vaksin masal yang dilakukan oleh pihak TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama pihak Polkes IM 09.02 di Puskesmas Manyak Payed,  Sabtu (31/7/21). (Dok. Humas Kodim 0117/Atam)

"Dalam vaksinasi kali ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Kita akan terus berupaya maksimal kegiatan vaksinasi agar seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang semuanya dapat melaksanakan vaksinasi COVID-19," ujarnya.


Dandim juga meminta demi menekan angka kenaikan kasus terpapar COVID-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Satgas COVID-19 terus berupaya mengajak masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan di era New Normal.


“Salah satunya dengan terus menyuarakan gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), selain itu masyarakat juga diharapkan untuk menerapkan gerakan 3W (Wajib Iman, Wajib Imun dan Wajib Aman),” harapnya sembari menambahkan masyarakat untuk bekerja sama dalam memutuskan rantai penyebaran COVID-19 agar kehidupan masyarakat Aceh Tamiang dapat kembali normal.


Sementara itu Kepala Puskesmas Manyak Payed, Hud Effendi, S.Kep, MAP, mengatakan pelaksanaan vaksin dilaksanakan selama dua hari. 


"Untuk hari ini khususnya dari pihak puskesmas menerima pelaksanaan Vaksin masal yang dilakukan oleh pihak TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama pihak Polkes IM 09.02 yang dilaksanakan selama dua hari, terhitung mulai tanggal 31 Juli - 1 Agustus 2021," jelasnya.


Efendi menjelaskan ada 30 Tial Vaksin yang disiapkan dalam pelaksanaan vaksin masal dosis dua.


"Dari hasil pendataan yang kita lakukan ada sekitar 3.500 orang masyarakat dalam Kecamatan Manyak Payed yang telah menjalani vaksin, dan 20 orang gangguan jiwa yang telah divaksin," jelasnya.


Efendi berharap seluruh masyarakat yang berada diwilayah lingkungan Kecamatan Manyak Payed telah mendapatkan vaksin mulai dari dosis satu sampai dosis dua untuk mencegah penularan penyebaran COVID-19.


"Untuk masyarakat yang belum divaksin, jangan takut untuk divaksin. Vaksin itu aman dan akan membuat kita kebal dari penyakit menular," sebutnya mengakhiri. [] TN-007


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.