*Oleh : Nanda Pratiwi

Sektor pariwisata menjadi salah satu sector yang paling cepat mendongkrak perekonomian di sebuah daerah, terkhususnya daerah yang memiliki Sumber daya alam dengan keindahan alam alami nya, banyak daerah yang memanfaatkan Sumber daya alam wisatanya untuk memajukan daerahnya dan mengenalkan daerahnya ke masyarakat luar. 

Foto : Ilustrasi

Sarana wisata dan publik sangat banyak diminati, apalagi jika yang bersifat alami dan masih asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan dapat menghilangkan beban fikiran serta pekerjaan yang di miliki oleh setiap orang. Karena hal itulah wisata alam lebih banyak dinikmati dan menjadi salah satu list sebagai tujuan liburan maupun hanya sekedar melepaskan penat dari berbagai pekerjaan.

Wisata alam memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita selain memberikan rasa Rileks dan menenangkan dengan aroma alam nya yang berasal dari pepohonan, air, dan tanah, serta dapat memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Selain manfaat bagi tubuh wisata alam juga memiliki peran penting dalam mendongkrak perekonomian dimana wisata alam itu berada. Memberikan masyarakat nya banyak keuntungan dengan lebih dikenal oleh masyarakat luar, dan menjadikan daerahnya banyak dikunjungi oleh setiap orang dari berbagai daerah, dan membuka kesempatan bagi masyarakat dimana wisata alam tersebut berada, dengan menyediakan berbagai keperluan berwisata mulai dari makanan, bengkel, serta sewa-menyewa alat yang diperlukan ditempat wisata yang dikunjungi.

Karena hal inilah yang menginspirasi dan muncul sekelompok anak muda di Desa Babo yang di beri nama “Babo Projeck”. Yah anak-anak muda yang sadar akan potensi alam yang ada di Babo, mereka bergerak mengeksplor sumber-sumber wisata alam di Babo dan bergerak melestarikan wisata alamnya, mereka juga bergerak mempromosikan segalam macam wisata yang ada di Babo. Dengan cara mempromosikannya lewat media Youtube, Media Sosial Facebook, Instagram dan sebagainya. Bisa dibilang mereka ini adalah contoh Generasi Milenial yang berasal dari salah satu desa terpelosok di Aceh Tamiang. 

Kelompok Organisasi Babo Projeck ini bergerak dalam satu tekat untuk mengembangkan daerah khususnya Desa Babo Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam mengembangkan sumber daya alam yang mampu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, itu adalah adalah salah satu program yang digagas oleh Babo Projeck ini.

Dengan melestarikan dan mempromosikan suber daya alam terkhususnya wisata yang ada Di Babo diharapkan bias meningkatkan pereonomian masyarakat Babo itu sendiri, telah banyak hal-hal positif yang di dapatkan, selain menarik minat orang-orang dari daerah lain untuk berwisata ke Babo, kegiatan pelestarian dan pemrosian wisata-wisata yang ada membuat Pemerintah semakin terbuka untuk bergerak memperbaiki Jalan utama ke Babo maupun kearah wisata berada. Sehingga hal ini tidak hanya memudahkan pengunjung untuk berwisata, tapi juga menguntungkan bagi masyarakat Babo itu sendiri. Dimana akses jalan menuju Kota kini menjadi mudah.

Beberapa wisata yang telah di jaga dan dilestarikan, dan mungkin ini bias menjadi daftar list liburan panjang kamu nantnya. Diantaranya :

1. Air terjun Sangkapane

Air terjun ini terletak di desa Pengidam. Bandar pusaka Kabupaten Aceh Tamiang, air terjun ini juga disebut dengan Air Terjun 17 Tingkat, merupakan salah satu wisata yang banyak dinikmati oleh pecinta alam terutama yang berkaitan dengan air. Selain menyuguhkan pemandangan air Terjun yang tinggi dan bertingkat namun memiliki keindahannya sendiri. Dengan udara dan suasana nya yang masih asri menjadikan nya memiliki daya tarik tersendiri.

2. Bukit Awan

Objek wisata bukit awan terletak di Desa Bengkelang, Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang. Bukit awan ini merupakan spot wisata menarik bagi kamu yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung, dan berkemah digunung serta melihat awan dan menyaksikan sunset dan sunrise yang begitu menabjubkan. Untuk kamu yang hobi berkemah ini bias dijadikan list liburan panjang kamu nanti yah…

3. Tamsar 27

Masih ditempat yang sama. Setelah berkemah di Bukit Awan kau wajib untuk berkunjung ke Tamsar 27. Tamsar 27 ini sendiri merupakan air terjun yang tersembunyi dan baru-baru saja dibuka. Dan masih sangat asri alamnya. Tamsar 27 ini tidak kalah indah dengan Air Terjun Sangkapane, dan emiliki ciri khas nya sendiri dengan air terjun yang bertingkat-tingkat dan air kebiruan nya yang khas membuat siapa saja yang berkunjung akan meraskan ketenangan.

Itulah beberapa wisata yang wajib kamu kunjungi kalau kamu main-main ke Babo. Dan jangan lupa untuk selalu bersikap ramah, dan menghargai penduduk sekitarnya, serta menjaga kebersihan wisata-wisata yang kamu kunjungi. Dan diharapkan untuk selalu mentaati protocol kesehatan yah… dengan enjaga kebersihan, meakai masker, dan jangan lupa untuk selalu menjaga jarak.

Penulis Merupakan Mahasiswi IAIN Langsa*


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.