Tamiang24.com | BENDAHARA -- Setelah mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap I Bulan April lalu, hari ini Rabu (17/6), Pemerintah Kampung Tengku Tinggi Kecamatan Bendahara kembali mencairkan BLT DD Tahap II dan III kepada 66 KK.
" Alhamdulillah hari ini kita salurkan lagi BLT DD  Tahap II Bulan Mei dan Tahap III bulan Juni kepada 66 KK. 

Total setiap KK menerima sebesar Rp.1.200.000," jelas Datok Penghulu Kampung Tengku Tinggi, Arianto disela - sela pembagian BLT DD yang berlangsung di Kantor Datok Penghulu

Menurut Arianto, penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II bulan Mei dan Tahap III Bulan Juni ini, merupakan uang tunai percepatan penanganan Corona Virus Desease (Covid-19). 

Oleh sebab itu, sambung Arianto pemerintah memberikan bantuan langsung tunai dari dana desa untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi wabah virus corona.

Lebih lanjut dijelaskan Arianto, warga di kampungnya saat ini ada menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah baik dari pusat maupun Provinsi dan Kabupaten kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19, diantaranya ada bantuan BLT - DD, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

" Semua nama - nama Kepala Keluarga yang sudah menerima bantuan sosial dari pemerintah, semua kita pajangkan melalui baliho ditempat umum, jadi masyarakat dengan mudah dapat mengeceknya satu sama lainnya," jelas Arianto.

Arianto mengharapkan dengan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa hendaknya menjadi berkah bagi masyarakat dan kampung khususnya dalam situasi menghadapi wabah Covid-19 yang sedang terjadi.

Arianto menyampaikan bahwa pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. 

Kemudian sambungnya sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Serta Surat Bupati Aceh Tamiang  No.414.25/2416/ Tanggal 28 April 2020 tentang Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa dan Surat Bupati Aceh Tamiang No.414.25/2493 Tanggal 05 Mei 2020 Tentang Penegasan Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-DD.

"Sasaran penerima BLT  adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan bantuan program pemerintah, masyarakat miskin yang belum terdata, hilang mata pencaharian akibat dampak dari Covid-19, sakit menahun atau sakit kronis," jelas Arianto.
Acara penyerahan BLT DD  tersebut dihadiri oleh semua perangkat Lampung, MDSK, unsur Pemerintah Desa Kecamatan Bendahara, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Kanit Intel Polsek Bendahara, Pendamping Lokal Desa (PLD), Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) serta warga penerima bantuan BLT DD.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.