Pada saat ini kita di hadapkan kepada kemajuan teknologi yang sangat luar biasa hingga mencakup banyak aspek dalam kehidupan , tujuan dari kemajuan teknlogi adalah untuk mempermudah segala aktifitas manusia agar mendapat hasil yang maksimal. Dalam era Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang perekonomian baik dalam sector industri, pemasaran, perbankan, dan  pariwisata.


Peluang bisnis yang sangat besar ialah di sector pemasaran dimana di permudahkan nya kita dalam melakukan kegiatan jual beli barang melalui online marketing, dengan tersedia nya beberapa aplikasi untuk kita memasarkan produk yang bisa dilihat banyak orang dengan tidak susah payah lagi kita untuk mempromosikannya, dan sudah banyak juga perusahaan besar maupun kecil yang merambah online marketing.

Revolusi Industri 4.0 juga sangat membantu para wirausahawan untuk mempromosikan binis halal atau bisnis yang dibuatnya sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam , bisnis halal di era ini sangat meningkat contoh nya serperti di sector  fashion syariah dimana sudah banyak yang produk-produk hijab dan baju muslim yang kekinian. Bisnis halal pun memiliki beberapa tantangan seperti kurangnya pemahaman mengenai produk halal dan kurangnya aparat dalam menegakan hukum kepabeanan.

Selain di sector pemasaran revolusi industri 4.0 juga berpengaruh terhadap sector  industri perbankan syariah. kemajuan teknologi dan informasi di era digital menuntut agar industri perbankan cermat dalam persingan dan juga dengan harus bisa menyesuaikan diri pada perkembangan teknologi. Perbankan syariah harus mempunyai suatu strategi pemasaran yang baik agar bisa bersaing dengan perbankan konvensional dengan cara bank harus mengetahui bagi mana keinginan nasabah sehingga produk jasa yang di tawarkan sesuai dengan keingin permintaan pasar.

Salah satu teknologi yang saat ini semakin pesat kemajuannya dalam transaksi berbarsis IT adalah Fintech dan dalam perbankan syariah pun ada Fintech Syariah, Fintech Syariah merupaka suatu layanan keuangan berbasis pada syariah yang menghubungkan penyedian dan penerimaan biaya untuk melakukan kontrak pembiayaan melalui system elektronik dengan menggunakan jaringan internet, fintech pun memiliki beberapa keunggulan seperti mampu menawarkan berbagai jasa keuangna namun dengan biaya dan waktu yang lebih murah dan cepat.  

Pengirim :
Dendi Saputra 
Kelas : Akuntansi Syariah F/4
Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung 
Dosen : Dr. Muhammad Iqbal Fasa, M.E.I


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.