TamiangNews.com | ACEH TIMUR -- Kabupaten Aceh Timur, mempunyai Kawasan terluas wilayah yaitu 6.040,60 Km², secara Administratif Kabupaten ini terdiri dari 24 Kecamatan, 54 Mukim, 513 Desa dan 1.596 Dusun serta mempunyai banyak potensi.
 T. Saiful, Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Asosiasi Masyarakat Peduli Hutan Rakyat Aceh (DPD Ampehra) Aceh Timur, 
Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Asosiasi Masyarakat Peduli Hutan Rakyat Aceh (DPD Ampehra) Aceh Timur, T. Saiful.

Menurut dia, salah satu potensinya  adalah sektor pertanian, tapi apa daya kondisi jaringan irigasi yang tidak maksimal, menjadikan petani di daerah ini, hampir 70 % petani sawah masih tadah hujan.

T. Saiful yang juga salah satu Anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Aceh (TKPSDA), menyampaikan ke awak media, Selasa, (25/02) saat berada di Rantau Peureulak, bahwa potensi Aceh Timur ini sangat besar kedepan, seperti saat ini Bendungan Jambo Aye yang terletak di Aceh Utara itu adalah kewenangan pusat, dan pelebaran sayap kanannya ke Aceh Timur, minimal sampai ke Nurusssalam Bagok, sebagai Jaringan Irigasi aktif tentunya.

T. Saiful menambahkan, terkait potensial bendungan baru, untuk kawasan strategis yaitu cocoknya di kawasan Daerah aliran Sungai (DAS) Peureulak, karena areal pertanian itu di Aceh Timur rata-rata berada ditengah dan sebahagian berada di titik dekat pesisir Pantai. 

Berdasarkan ketidak kecukupan air berabad-abad lamanya dan banyak sawah yang dimiliki masyarakat  secara turun temurun, tidak ada perubahan yang signifkan yang ada hanya kena hama saja, seharusnya masyarakat petani sudah merdeka melalui irigasi, jadi kalau belum ada irigasi itu belum merdeka sebutnya

Jadi kita harapkan kedepan jika itu sesuai kajian-kajian oleh para Stakeholder kiranya mereka masukkan program tersebut dalam matrik perencanaan.

Ini dapat segera diusulkan kepada Pemerintah pusat, sehingga rancangan Bendungan itu sudah bisa dibuat perencanaan secara matang, untuk kemanfaatan bagi semua petani sawah melalui alokasi air irigasi yang lancar, sehingga masyarakat petani menjadi sejahtera, dan itu kiranya salah satu program pengentasan kemiskinan bagi Masyarakat di Aceh Timur, tutupnya. [] TN-WDP

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.