TamiangNews.com | MANYAK PAYED -- Penanaman perdana cabe jamu berlangsung di kampung Benteng Anyer dilakukan oleh wakil Bupati Aceh Tamiang H.T.Insyafuddin ST, didampingi Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang diwakili Ka BBP Manyak Payed, Iskandar Mirza, Selasa, (7/1).
Wabup HT Insyafuddin sedang melakukan penanaman perdana pohon cabe jawa (Piper Retrofractum)  
Datok Penghulu Kampung Benteng Anyer Edy Syahputra dalam sambutannya mengatakan bahwa rencana penanaman ini sejak Juni 2019 lalu, namun baru hari ini dapat terlaksanakan.Datok juga menyebutkan, Kegiatan ini menggunakan anggaran BUMK.

Sementara Pengembang Cabe Jawa (Piper Retrofractum) Yoesdinoer mengatakan, bahwa cabe jamu (cabe jawa) ini bukan barang baru lagi, di luar Aceh seperti daerah jawa, lampung dan lainnya telah di budidayakan berhektar hektar bahkan di setiap rumah juga ditanami tanaman tersebut untuk menambah penghasilan rumah tangga.

Cabe Jamu merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai dan memiliki khasiat untuk kesehatan bagi daya tahan tubuh manusia. Serta berbagai kegunaan untuk kebutuhan bahan lainnya.

Tumbuhan tersebut telah berkembang di beberapa daerah termasuk di pulau Jawa dan di Sumatera Selatan.

Menurutnya, untuk di Provinsi Aceh, merupakan daerah yang pertama melakukan penanaman perdana pengembangannya yakni di Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang.

Selain itu, pemasaran tumbuhan ini juga telah berkembang hingga tembus ke manca negara seperti India, Malaysia, Arab, Korea dan sejumlah negara lainnya.

Dalam usia 1 tahun cabe ini sudah menghasikkan dapat dipanen seminggu sekali dimana untuk 1 pohon menghasilkan 4 ons, dengan harga jual Rp.150 kg. dengan usia tanaman ini mencapai 25 hingga 30 tahun

Dijelaskannya, Pohon ini dapat di manfaatkan untuk rempah sayuran serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan serta tahan dalam serangan hama.

Sementara, untuk pemasarannya dapat langsung dipasarkan kepihak pusat pemasarannya di lampung Sumatera Selatan, sebut Buyung Sapaan akrabnya.

Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi, S.STP, Konsep penanaman ini lebih dalam pemberdayaan, dan di setiap rumah di berikan lima pohon Cabe Jamu.

Direncanakan, budidaya tanaman cabe Jawa ini akan terus berlanjut penanamannya disetiap kampung dalam kecamatan Manyak Payed.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin ST dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah mendukung sepenuhnya program ini, sesuai dengan program pemerintah Aceh Tamiang dalam membudidayakan buah-buahan, ucapnya.

Wabup juga, meminta agar semua kepala desa untuk dapat memaksimalkan anggaran dana desa dalam pemberdayaan, guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, harapnya.

Semoga, Kampung Benteng Anyer sebagai salah satu Kampung yang pertama memproduksi pohon cabe jamu ini, harapnya.
Selain dihadiri Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin ST, Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi, S.STP, juga turut dihadiri Danramil 6/MPU Kapt. Inf. P. Harahap, Waka Polsek Manyak Payed Ipda. Darwin A, Kepala BPP Kecamatan Manyak Payed Iskandar Mirza, Penyuluh Kecamatan Mukhlis, SP, tokoh agama, tokoh masyarakat, para petani serta warga setempat.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.