TamiangNews.com, JAKARTA -- Hubungan Indonesia dan China saat ini sedikit memanas. Penyebabnya Kapal Coast Guard China memasuki teritori laut Indonesia tanpa izin di wilayah perairan Natuna.

Foto : Detik
Banyak pihak yang sudah memberikan pandangan, termasuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia meminta agar masalah itu tidak dibesar-besarkan.

Pasalnya, menurut Luhut, China itu merupakan negara sahabat Indonesia dan merupakan salah satu investor tersebar di Tanah Air.

Namun mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya pandangan berbeda. Menurut Susi, persahabatan antarnegara jangan membuat masing-masing negara jadi kebal hukum.

"Persahabatan antar negara Tidak boleh melindungi pelaku Pencurian Ikan & Penegakan hukum atas pelaku Ilegal Unreported Unregulated Fishing. Tiongkok tidak mungkin dan tidak boleh melindungi Pelaku IUUF. Karena IUUF adalah crime/ kejahatan lintas negara," kicau Susi di akun Twitter resmi miliknya yang dikutip Senin (6/1/2020).

Susi menilai menjaga hubungan baik antarnegara bukan berarti harus mengalah. Menjaga hubungan baik tercipta dengan saling menghormati.

"Hubungan baik antarnegara adalah karena dalung (saling) menghormati," tambahnya. [] DETIK

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.