Seperti yang kita ketahui Daun jambu biji memiliki banyak khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit. Karena daun jambu biji mengandung antioksidan dan tannin. Selain itu daun jambu tersebut juga mengandung antiinfeksi dan antibakteri. 

Foto : Serly dkk (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer Universitas Nahdatul Ulama Al Ghozali Cilacap)
Ketika daun jambu biji diolah menjadi teh akan mengandung vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting bagi kesehatan tubuh.Daun jambu biji ini tergolong obat alami yang dipercaya untuk meredakan nyeri. Berikut manfaat dari jambu biji : 

1. Dapat menyembuhkan diare

Daun jambu biji telah dikenal masyarakat umum dapat mengatasi diare. Apabila terkena penyakit diare, dianjurkan untuk meminum seduhan teh dari daun jambu biji atau kapsul ekstrak daun jambu biji. 

2. Melawan Obesitas

Daun jambu biji dapat menurunkan berat badan karena dapat menghentikan produksi gula yang disebabkan oleh zat tepung yang dikonsumsi tubuh. Berat badan yang meningkat disebabkan gula bermetabolisme lewat hati dan berubah menjadi lemak yang kemudian masuk ke dalam saluran darah. 

Foto : Ilustrasi
3. Menurunkan Kadar Kolesterol

 Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal nutrisi dan metabolisme, Mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin dalam jangka waktu perbulan maka dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Bahan alami ini tidak mengandung efek samping dan aman untuk dikonsumsi.

4. Zat Anti Kanker dan Tumor

 Daun jambu biji memiliki zat likopen (quercetin) sebagai zat anti kanker dan tumor, yang dapat melawan kanker payudara, prostat, dan kanker mulut. 

Daun tersebut dapat menghentikan produksi androgen yang dimiliki pria, hormon ini bekerja pada pertumbuhan sel kanker prostat. Khasiat lain adalah mengobati kanker lambung karena mengandung quercetin, likopen dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor dan dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh. 

Sebuah studi dalam Jurnal cancer Letters menunjukan bahwa minyak esensial yang mengandung daun jambu biji yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker lambung karena kaya akan tanin, aromandeno, triterpenoid, nerolidol, caryopphyllene, betabisabolene, dan p-seline. Beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker lambung, kanker prostat dan kanker mulut bisa dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji.

5. Mengontrol Kadar Diabetes

Minum teh daun jambu bermanfaat bagi yang menderita diabetes. Menurut penelitian dalam jurnal nutrisi dan metabolisme, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah penyakit diabetes. Karena daun jambu biji kaya akan serat sehingga penyerapan gula darah akan menjadi lebih lambat dan mencegah timbulnya diabetes.

6. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi

Sifat antibakteri dan anti infeksi dari daun jambu biji dapat melindungi gigi dan gusi dari peradangan dan masalah lain. Ekstrak daun jambu biji memiliki zat anti inflamasi yang dapat meredakan sakit gigi dan gusi.

7. Menyembuhkan Demam Berdarah

Seseorang yang menderita demam berdarah memiliki jumlah sel darah merah (trombosit) yang sangat rendah, Daun jambu biji adalah salah satu solusi untuk meningkatkan trombosit yang mencegah pendarahan.

8. Meningkat Kesehatan Kulit dan Rambut

 Tak hanya untuk mengatasi penyakit, daun jambu biji juga baik untuk kulit berjerawat, beruntusan, bintik-bintik hitam, menghilangkan keriput dan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

* Cara Membuat Obat Tradisional Dari Daun Jambu Biji

Sediakan enam lembar daun jambu biji dan satu liter air. Rebus daun jambu biji yang sudah dicuci bersih dalam satu liter air sekitar 10 menit. Saring air rebusan tersebut, tambahkan madu secukupnya untuk pemanis dan minum selagi hangat. []

Pengirim :
Serly Septiana Wati (Sebagai Perwakilan Kelompok 8)
Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer Universitas Nahdatul Ulama Al Ghozali Cilacap
Email : serlyseptianawati1@gmail.com























Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.