TamiangNews.com | LANGSA -- Dewan Komisaris PTPN I, Ari Maulana saksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTPN I Periode 2020-2021 antara Direktur Utama PTPN I Uri Mulyari dan Syaifullah Ketua Umum  Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN I SPBUN PTPN I, yang berlangsung di Oproom Kantor Pusat PTPN I, Kamis (16/1).
Manajemen PTPN I dan SPBUN Tandatangani PKB Periode 2020 - 2021 
Demikian tulis Relis Kasubbag Humas, Protoler & Portal BUMN melalui Staf Sub Humas Rusli Ahmad yang diterima TamiangNews menulis antara lain bahwa dalam Penandatanganan PKB itu, selain disaksikan oleh Dewan Komisaris PTPN I juga turut disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja & Mobilitas Penduduk Aceh, Ir. Iskandar Syukri, MM. MT  Masrizal, SH Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPM PTSP Kota Langsa, Desmanto (Direktur Operasional PTPN I), Faisal Ahmad (Direktur Komersil PTPN I) serta jajaran Manajemen dan Pengurus SPBUN PTPN I.

Dalam sambutannya Desmanto Direktur Operasional PTPN I mewakili Direktur Utama PTPN I mengatakan bahwa Manajemen bersama dengan Pengurus SPBUN PTPN I sebelumnya telah melakukan perundingan dan telah menyepakati PKB PTPN I Periode 2020-2021 sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Desmanto mengucapkan terima kasih kepada Pengurus SPBUN PTPN I yang telah menyepakati PKB PTPN I dan kepada semua pihak yang terlibat sehingga PKB PTPN I Periode 2020-2021 dapat selesai tepat waktu.

Lebih lanjut Desmanto menegaskan bahwa Manajemen PTPN I berkomitmen untuk berupaya semaksimal mungkin melaksanakan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama dalam PKB PTPN I Periode 2020-2021. 

Sudah saatnya PTPN I berubah, dan bangkit, namun semua itu tidak akan terjadi jika kita insan PTPN I tidak mau berubah. 

PTPN I adalah rumah kita, yang harus kita jaga dan pelihara. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun PTPN I

 Ketua Umum SPBUN PTPN I  Syaifullah dalam sambutannya mengatakan bahwa PKB PTPN I pada awalnya lahir dari produk undang-undang yang akhirnya disepakati bersama 
sehingga mempunyai makna yang memiliki arti penting untuk kesejahteraan Karyawan. 

PKB berisi 20 Bab dan 74 Pasal untuk menjadi landasan pedoman bagi Karyawan PTPN I di tahun 2020 sampai dengan tahun 2021.

Pengurus SPBUN PTPN I menanamkan tekad untuk saling bahu membahu bersama dengan Manajemen PTPN I agar Perusahaan bangkit dari kesulitan menuju Perusahaan yang mampu bersaing dengan Perusahaan maju yang telah mampu menghasilkan 
keuntungan dan bisa berkontribusi untuk negara ujar Syaifullah. 

Sementara Ir. Iskandar Syukri, MM. MT (Kepala Dinas Tenaga Kerja & Mobilitas Penduduk) yang hadir menyaksikan Penandatangan PKB PTPN I Periode 2020-2021 mengatakan bahwa PKB antara pengusaha dan pekerja merupakan salah satu sarana Hubungan Industrial dalam rangka menciptakan hubungan kerja yang harmonis, serasi, selaras dan seimbang untuk bekerja dan keadaan yang ideal bagi kelangsungan Perusahaan dalam berusaha. 

PKB dibuat berdasarkan hasil perundingan antara pengusaha dan serikat pekerja di Perusahaan yang  memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak, semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas Perusahaan yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Saat ini di Aceh terdapat 4.760 buah perusahaan yang terdaftar dengan kriteria besar, menengah dan kecil, yang telah memiliki Peraturan Perusahaan (PP) sebanyak 333 perusahaan, sementara perusahaan yang memiliki Perjanjian Kerja Bersama (PKB) hanya 116 perusahaan. 

Melihat kecilnya jumlah perusahaan yang telah memiliki PKB, kami sangat berharap agar perusahaan dan pekerja di lingkungan PTPN I dapat menjadi contoh bagi pekerja dan perusahaan lainnya yang ada di Aceh pungkas Iskandar Syukri. []TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.