TamiangNews.com, LANGSA -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa resmi menggelar Konferensi II dengan mengusung tema 'Membangun Profesionalisme wartawan mewujudkan masyarakat informatif di era distruksi yang dilaksanakan di Aula Sekda, Rabu (29/01).

Penyerahan Bendera Pataka PWI oleh Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman kepada Putra Zulfirman Ketua terpilih PWI Kota Langsa 
Ketua Panitia Konferensi II Putra Zulfirman dalam sambutannya menyampaikan kepengurusan PWI Kota Langsa telah berakhir di bulan November 2019 yang lalu, oleh karena itu pihaknya segera melaksanakan kegiatan konferensi yang dilaksanakan usai acara pembukaan ini.

Sebab, ini merupakan implementasi dari program kerja PWI Kota Langsa.

Dirinya berharap, semoga kedepan PWI Kota Langsa dapat bersinergi dengan para stacholder untuk pembangunan Kota Langsa.

Sementara Ketua PWI Kota Langsa Bahtiar Husen, MA menyampaikan, musuh bersama hoaks, yang dapat cerai beraikan masyarakat dan dapat memecah belah kesatuan bangsa.

Lanjutnya, saat ini revolusi industri 4.0 dimana era teknologi mengambil alih peran manusia, dengan demikian perkembangan informasi juga semakin berkembang pesat dalam sejumlah media sosial.

Akhirnya banyak sekarang masyarakat yang mengkonsumsi berita tanpa memenuhi kaedah jurnalistik yang berujung pada hoaks.

Sekretaris Daerah Kota Langsa, Syahrul Thaib, SH, MAP menyampaikan peran Pers dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat sangat penting, karena jika salah informasi yang diterima masyarakat bisa membuat kagaduhan. 

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar Pers khususnya Pers di Kota Langsa dalam melaksanakan tugasnya selalu berpegang teguh pada etika dan norma. 

Terkadang ada oknum wartawan yang memanfaatkan kebebasan Pers menjadi kebebasan pres yang dianologikan menjadi menekan dan memeras. 

Ini tentunya merupakan hal yang tidak baik, perlu dicegah baik oleh organisasi PWI itu sendiri maupun pihak-pihak lain. 

"Semoga pemilihan Ketua PWI Kota Langsa dalam konferensi ini bisa membawa perbaikan dan peningkatan kualitas pemberitaan", harapnya.

Sementara itu Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman dalam sambutannya mengajak untuk menambah jumlah Anggota PWI di daerah, kita sukses jika jumlah anggota kita bertambah.

Jadikan semua pihak sebagai mitra kerja kerja, baik dengan Pemerintah Daerah, BUMN Lembaga Vertikal lainnya, sebut Tarmilin Usman.

Sebagai mitra Pemerintah PWI mendukung kerja Pemerintah, semoga wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI terus berkarya dalam menyampaikan informasi tanpa hoax dan ikut mencerdaskan bangsa,” ucap Tarmilin seraya meminta formasi pengurus PWI Periode 2020-2023 mampu membawa semangat baru dalam tugas wartawan.

Berdasarkan hasil Musyawarah Mufakat Kepengurusan PWI Kota Langsa Periode 2020 - 2023 Ini Susunan Pengurus PWI Kota Langsa sebagai berikut : 
Ketua Putra Zulfirman (Beritakini.co) Wakil Ketua Sudirman (Harian Analisa), Sekretaris Munawar (Waspada) Wakil Sekretaris M Safrizal ( Medan Bisnis) Bendahara M Hanafiah. (Tabloid Suara Publik) Wakil Bendahara Eddyanto (TamiangNews.com)

Sedangkan Penasehat Ray Iskandar (ChapNews), Bahtiar Husen ( Rakyat Aceh), Rusli Abdah (Pimpred Haba Rakyat).

Disela kegiatan PWI Kota Langsa menyerahkan penghargaan benerapa kategori yakni Kategori Keterbukaan Informasi Publik diberikan kepada Wali Kota Langsa, Ketua DPRK Langsa, Kapolres Langsa, Ketua PN Langsa dan Kajari Langsa.

Sementara untuk Kategori Kemitraan diserahkan kepada Kepala Bank Aceh Syariah, Manager PT PLN Langsa, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Wakil Ketua I DPR Kota Langsa, Saifullah, Wakil Ketua II DPR Kota Langsa, Ir Joni.

Pengurus Teras PWI Kota Langsa Munawar, Putra Zulfirman dan M Hanafiah
Selanjutnya, Kategori pengabdian Anggota diserahkan kepada M Djohan, Adenin, Aliyuddin Mard dan Eddyanto, SST. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.