Orang tua adalah orang yang pertama kali kita kenal didunia ini, dialah orang yang tentunya sangat dekat sekali dengan kita. Orangtua lah yang sangat mengetahui perihal kehidupan kita. Akan tetapi, ketika kita telah memasuki usia remaja, kedekatan dengan orang tua mulai terasa berubah, ya kan?. Pastinya kita semua pernah merasakan hal seperti itu. Nah, inilah yang harus kita ketahui bahwasanya kedekatan dengan orang tua ini sangatlah berpengaruh pada diri kita, terlebih ketika kita berada pada masa remaja saat ini.

Foto : Ilustrasi
Masa remaja adalah masa yang penuh dengan tantangan atau pengalaman-pengalaman yang menegangkan. Pada masa remaja ini, kehidupan sosial kita semakin meluas. Kita banyak dihadapkan dengan hal-hal yang baru ataupun juga dihadapkan dengan beberapa masalah yang muncul seperti cinta, persahabatan, cita-cita dan banyak hal lainnya. 

Secara umum, dapat kita ketahui bahwa masalah ialah suatu kesenjangan antara situasi sekarang dengan situasi yang akan datang atau tujuan yang diinginkan. Dimana keadaan sekarang yang disebut dengan original state dan keadaan yang diharapkan atau keadaan yang akan datang yang disebut dengan final state. Jadi, suatu masalah akan muncul apabila ada halangan atau hambatan yang memisahkan anatara present state dengan goal state.

Nah, hal inilah yang banyak dialami oleh  remaja. Karena kita ketahui bahwa kehidupan remaja penuh dengan tantangan dan hal-hal yang baru yang dipenuhi dengan keinginan. Namun, dalam mewujudkan keinginan tersebut muncullah beberapa masalah yang mana keinginan yang dicapai belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Masalah inilah yang harus diselesaikan oleh remaja. Okee.. kita sebut saja dengan pemecahan masalah.

Dalam Solso (2007) dijelaskan bahwa pemecahan masalah adalah suatu pemikiran yang terarah secara langsung untuk menemukan solusi/ jalan keluar untuk suatu masalah yang spesifik. Jagi gini ya, pemecahan masalah ini secara sederhananya adalah mencari jalan keluar dari sebuah kesulitan atau dari masalah yang muncul tersebut untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Mm.. Disini kita juga harus mengetahui bahwa dalam pemecahan masalah ini terdapat beberapa tahapan yaitu memahami masalah terlebih dahulu, membuat perencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana yang telah dibuat, dan melihat kembali semua tahapan yang telah dilakukan agar pemecahan masalah ini berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, disinilah pentingnya kedekatan orang tua dengan seorang remaja. Ini akan berpengaruh terhadap remaja dalam melakukan pemecahan masalah. Mengapa demikian?, karena, orang tualah yang paham semua tentang kita. Maka orang tua akan dengan senantiasa sekali membantu kita dalam menyelesaikan masalah. Orang tua akan memberikan solusi terbaik untuk kita, ia tidak akan memberikan sesuatu yang buruk dalam mewujudkan keinginan kita. Orang tua akan selalu mendengarkan segala keluh kesah kita, ia tidak akan membocorkan segala curhatan kita kepada orang lain. waa.. lebih baik ni curhat dengan orang tua lagi.

Eiitts.. Tapi kenapa kebanyakan dari kita remaja lebih tertutup dengan orang tua. Kita tidak ingin melibatkan orang tua dalam pemecahan masalah. Kebanyakan dari remaja hanya ingin menyelesaikan masalah secara mandiri ataupun kalau juga ingin bercerita, pastinya  memilih untuk bercerita kepada teman sebaya. Karena itu lebih terasa nyaman untuk remaja, iya kan?.

Nah loh? Kenapa kita lebih bisa dekat dengan teman sebaya melainkan dengan orang tua. Nah, ini jugalah yang harus kita ketahui bahwa kedekatan dengan orang tua sangatlah penting. Remaja yang dekat dengan orang tuanya akan cendrung memiliki emosi yang stabil, maka saat ia dihadapkan dengan dengan banyak masalah ia akan dapat lebih percaya diri dan tetap semangat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Sementara, remaja yang tidak memiliki kedekatan yang baik dengan orang tuanya akan cendrung lebih agresif, pemarah dan memiliki rasa percaya diri yang rendah. Sehingga, ia akan sulit dalam menyelesaikan masalahnya.

Waaah… begitu pentingnya kedekatan orang tua terhadap remaja. Jadi, marilah kita bangun hubungan kedekatan yang baik lagi dengan orang tua. Jangan malu untuk curhat dengan orang tua yaa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketika kedekatan orang tua dengan seorang remaja berjalan dengan baik, maka remaja dalam melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan tahapan-tahapan pemecahan masalah secara baik, maka akan dapat mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan yang diharapkan. Nah, pentingkan pengaruh kedekatan orang tua terhadap pemecahan masalah pada diri seorang remaja.

Pengirim :
Sesri Yulita
Mahasiswi uin imam bonjol padang, prodi psikologi islam, semester 3
Email : sesriyulita836@gmail.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.