Mungkin bagi teman-teman mahasiswa mengatur keuangan adalah sesuatu hal yang sulit, padahal mengatur keuangan merupakan hal yang penting untuk kita mahasiswa terutama bagi mereka yang merantau ataupun hidup sendiri.

Foto : Ilustrasi
Keuangan harus dikelola dengan baik, agar kita tidak kesulitan dalam membayar kebutuhan seperti; membayar UKT, biaya berobat jika sakit, dan lain-lain.Bagaimana sih cara mengatur keuangan yang baik bagi mahasiswa?Yuk!simak tips cara mengatur keuangan untuk mahasiswa.

1. Disiplin Menabung
Dengan mulai belajar untuk disiplin dalam menabung tentunya akan sangat berguna bagi kita dikemudian hari. Selalu prioritaskan tabungan saat kita menerima uang saku. Tabungan yang secara disiplin dan rutin kita lakukan dapat digunakan untuk membayar biaya obat saat sakit atau kebutuhan dalam membuat tugas kuliah.

2. Jaga Kesehatan dan Pola Makan
“Lebih baik mencegah daripada mengobati”.Jika kamu termasuk mahasiswa yang nge kost sangat penting buat kita untuk menjaga kesehatan dan  pola makan. Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus kita saat sedang sakit, tugas-tugas dan jadwal kuliah kamu pun akan tertinggal nantinya. Belum lagi harus periksa ke dokter dengan biaya yang tidak murah. Untuk mencegah hal itu untuk tidak  terjadi, sebaiknya  menjaga kesehatan dengan selalu memperhatikan pola makan dan tidak jajan sembarangan.Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga minimal seminggu dua kali agar badan selalu sehat dan fit.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Mungkin kita sudah memiliki rencana matang terhadap keuangan dan bisa jadi tiba-tiba ada ‘tambahan’ dana yang tidak terduga. Kebanyakan orang saat memiliki banyak uang,cenderung lebih konsumtif.Apalagi kita adalah anak muda yang peka terhadap fashion dan gadget. Rencana pun menjadi wacana, nafsu belanja tidak bisa dibendung. Gadget-gadget atau fashion keluaran baru pun disikat.Oleh karena itu, kita harus list mana yang merupakan ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan’. Jika kamu bisa menabung uangmu untuk keperluan kuliah,itu sangat bagus .Jika harus belanja,prioritaskan kebutuhan dulu. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah saya memang butuh barang itu? Atau cuma gengsi saja?

4. Catat Semua Biaya Pengeluaran
Setelah semua uang saku kamu gunakan, jangan lupa untuk mencatat setiap biaya yang kamu keluarkan dalam jangka waktu sebulan. Prioritaskan catat pengeluaran yang wajib kamu dahulukan, seperti membayar uang kos (jika kamu ngekost), uang transportasi, uang kuliah, uang buku, uang makan dll. Jangan lupa catat secara rinci dan usahakan jangan sampai ada yang terlewat. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan rutin bulanan. Atur dengan baik agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan.

Marilah kita mengatur keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang rutin kamu gunakan setiap bulannya. Agar kondisi keuanganmu tetap lancer dan tidak kekurangan uang sebelum akhir bulan.Semoga bermanfaat.


Pengirim :
Aulia Akbar
Mahasiswa Universitas Indonesia
Email : auliaakbar9b@gmail.com



Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.