Dewasa ini perkembangan teknologi sangat pesat salah satu yang paling berdampak adalah teknologi informasi dan komunikasi. Tak heran smartphone menjadi kebutuhan wajib bagi kebanyakan masyarakat. Di manapun orang berada, entah sedang bekerja atau sedang berkumpul dengan teman-temanya pandangan yang terlihat tak lepas dari gadget.

Foto : Suci Salmiyatun (Mahasiswi STAINU Temanggung Prodi PIAUD Semester 1)
Banyak orang tua yang memberikan gadget pada anak  sejak usia dini, hal ini tentu berdampak pada perkembangan anak. Alasan mereka memberikan gadget pada anak pun beragam, tapi bukan berarti orangtua bisa membiarkan anak bermain gadget terus kan ?.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang dapat ayah bunda praktekkan agar si kecil tak kecanduan gadget:

Back to nature

Ayah bunda bisa alihkan perhatian anak dari gadget dengan pendekatan alam. Saat anak merengek minta gadget sebaiknya ayah bunda alihkan perhatian dengan mengajak anak untuk melihat alam. 

Bisa dengan mengajak anak keluar ruangan untuk melihat pohon, sungai, taman dan lain sebagainya. Atau jika tak memungkinkan pergi keluar ruangan ayah bunda bisa mengajak anak untuk melihat pot bunga dirumah, akuarium dirumah atau bahkan buku tentang alam. 

Cara tersebut bisa mengalihkan perhatian anak dari gadget karena pada saat melihat pohon misalnya, anak akan berpikir ada apa di pohon itu. Dan tentunya pemandangan alam membuat mata segar sehingga badan terasa sehat.

Bermain Peran

Anak-anak sekarang banyak yang mengidolakan tokoh kartun seperti Elsa dari Frozen dan tobot. Saat anak meminta gadget coba anda luangkan waktu untuk bermain dengan mereka. Coba ajak anak untuk bermain sesuai karakter yang mereka sukai.

Bermain secara fisik tentu lebih menyenangkan daripada hanya duduk menatap layar hp. Saat anak sulit diajak bermain berilah pengertian dengan cara yang halus agar mereka merasa disayangi.

Membacakan buku

Hal ini terdengar membosankan dan hanya sebagai rutinitas yang bisa dilakukan orang tua sebelum anak tidur. Tahukah bunda anak Usia Dini adalah masa emas, mereka cenderung ingin tahu dengan semua hal yang mereka lihat dan dengar.

Saat bunda membacakan sebuah dongeng pada anak mereka akan merespon dengan berbagai cara. Dengan itu perhatian anak akan teralihkan dari gadget.

Beri Jadwal Anak Bermain Gadget

Jadwalkan waktu yang sesuai untu anak bermain gadget ya bun. Selain kegiatan-kegatan diatas yang digunakan untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget, bunda juga perlu memberi kesempatan pada mereka untuk bermain gadget.

Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa dilarang untuk bermain gadget sehingga menimbulkan dampak negative yang tak terduga.

Itu saja ayah bunda tips yang bisa saya sampaikan untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. []

Pengirim : 
Suci Salmiyatun
Mahasiswi STAINU Temanggung Prodi PIAUD Semester 1
Email : sucisalmiyatun@gmail.com


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.