Pada kemajuan alat teknologi masa sekarang ini, sangat pesat dan semakin canggih dan mudah dikenal oleh masyarakat bahwa teknologi yang sekarang ini semakin canggih yang mudah diciptakan untuk membuat perubahan seseorang yang begitu besar dalam hal kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Seperti yang banyak dikenali oleh masyarakat yang berupa gadget yang bisa memberikan dampak bagi penguna dalam jumlah yang sngat besar, terutama pada kalangan anak-anak dan bahkan mungkin bisa balita.

Foto : Alya Khafiyah ( Mahasiswi STAINU Temanggung di jurusan PIAUD semester 5)
Karena gadget dapat mengandung nilai-nilai baik buruknya suatu pengguna. Pada masa sekarang ini, setiap orang diseluruh dunia pasti sudah memiliki teknologi yang canggih. Yang berupa gadget android yang tidak asing lagi bagi masyarakat, karena masyarakat maupun pihak keluarga tidak mengetahui bahwa gadget itu sangat berbahaya bagi kalangan dewasa, anak-anak, dan balita pada saat ayah ibu memberi kebebasan dalam bermain permainan mengunakan gadget.

Dilihat dari suatu fenomena yang ada pada sekarang ini banyak ayah ibu yang membelikan gadget kepada anak-anak dan balita sehingga gadget tidak asing lagi karna sudah dijumpai didunia anak-anak. 

Akan tetapi pada kejadian yang terjadi saat ini ayah ibu memerlukan mengawasi anak-anaknya pada saat bermain gadget, tapi kenyataannya banyak ayah ibu yang kurang memperhatikan tentang bahaya yang ada pada gadget. 

Gadget juga bisa mengandung manfaat jika digunakan dalam hal kebaikan, tapi gadget juga bisa mengandung madhorot ketika pengguna tidak bisa mengunakan secara baik. Masa dewasa sekarang ini, gadget sering dimanfaatkan untuk salah satu jalan pintas yang dilakukan ayah ibu saat ini mengasihkan sesuatu kepada anak untuk dibuat permainan anak. 

Akan tetapi pada akhirnya ayah ibu itu memberikan alat teknologi yang canggih yang berupa Gadget tanpa memikirkan efek samping bermain gadget. karena ayah ibu sendiri bisa menyimpulkan bahwa gadget dapat menemani anak untuk bermain, agar ayah ibu dapat menjalankan aktivitas dengan tenang tanpa mengkhawatirkan keadaan anaknya keluyuran, bermain kotor, rumah berantakan, anak rewel, serta mengganggu aktivitas orang tua.

Karena nyatanya anak itu malah asik bermain game dan aplikasi lainnya sehingga anak itu lupa melakukan kegiatan yang seharusnya ia lakukan malah sekarang menjadi malas dan asik dengan dunianya sendiri.  

Pada era sekarang ini, ayah ibu banyak yang beranggapan bahwa gadget mampu menjadi teman bermain yang aman dan mudah pengawasannya pada anaknya, sehingga peran ayah ibu disini sudah digantikan oleh sebuah gadget bukan ayah ibu sendiri yang menjadi teman untuk bermain.

Dalam kehidupan yang ada, ada sesuatu alat komunikasi yang banyak mempunyai dampak keburukan yang bisa terjadi dalam masyarakat yang banyak mengandung madhorot sehingga tidak baik bagi kalangan anak-anak. 

Akan tetapi banyak masyarakat yang kurang paham terhadap madhorotan yang akan terjadi pada anak kedepannya sehingga msyarakat perlu diperhatikan pada hal yamg terjadi pada era sekarang ini. 

Pada masyarakat ini, banyak suatu keluarga yang mengajarkan kepada anaknya dalam masalah kebebasan bermain gadget karna ayah ibu kurang tau tentang bahaya yang ada pada gadget pada anak-anak sehingga ayah ibu perlu memahami efek yang terjadi pada anak ketika bermain gadget bukan malah membiarkan anak itu bermin gadget tanpa dampingan dari keluarga. 

Dalam fenomena yang saya lihat banyak ayah ibu sekarang ini memberikan sebuah alat komunikasi berupa gadget, karna ayah ibu tidak memperhatikan efek dari radiasi gadget tersebut sehingga ayah ibu berpintar-pintarlah dalam mengantikan mainan anak yang tidak berupa gadget yang akan bisa digunakan secara baik agar anak bermain dengan memberi manfaat tanpa ada banyak efek samping. 

Ketika anak berada pada masa golden age semua informasi yang didapat oleh anak terserap dengan cepat dan anak itu dapat mudah meniru apa yang anak itu lihat dan bisa berpikir cerdas dalam kemampuan kognitifnya menjadi lebih tajam. 

Maka gadget memliki banyak dampak tentang akan terjadi pada anak ketika bermain gadget. tapi gadget juga mempunyai manfaat bagi anak dalam masalah perkembangan kognitifnya serta perkembangannya. tapi gadget juga bisa mempengaruni interaksi anak dengan teman sebayanya. 

Oleh karena itu, dalam pemahaman ini sangat penting ditunjukkan kepada ayah ibu, supaya anak dapat dibatasi penggunaan dalam pemakaian gadget serta dapat mengetahui manfaat gadget yaitu agar menjadi anak yang baik dan pandai berinteraksi dengan teman sebayanya. 

Pengirim : 
Alya Khafiyah 
Mahasiswi STAINU Temanggung di jurusan PIAUD semester 5
Email : alyahafiya29@gmail.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.