Aku berfikir kalau semua kenangan yang sudah ku lewati di masa lalu akan terhapus begitu saja, tapi aku salah, kenangan-kenangan yang semulanya ingin aku lupakan malah itu yang sering muncul diingatan ku, aku tak tau itu kenapa, apa karena aku memang tidak bisa melupakannya atau karena kerja sistem otakku yang mengatur tentang kenangan-kenangan itu.

Foto : Ilustrasi
Memori masa lalu umunya sekilas terpotong pada satu dua bagian yang meski tak gitu jelas, namun berkesan. Ibarat segulung film seluloid yang hanya berapa frame-nya saja berisi gambar. Memori masa lalu adalah menerawang masuk kembali ke suatu masa yang kadamg indah, kadang tidak terlalu indah namun keduanya sama-sama berkesan.

Memori masa lalu akan tempat, momen, sosok atau peristiwa serimgkali terlalu kuat membekas. Tak hanya menyisakan torehan dalam ke sanubari namun seringkali menyeruk tanpa sadar di dalam ingatan.

Berjalannya waktu aku mulai belajar tentang sistem otak yang mengatur ingatanku, dari sana ku temui, bahwa kenapa kenangan masa lalu yang begitu ingin aku lupakan tetap ingat bahkan detail-detail kejadiannya serasa masih nyata dipikiranku, sebab dalam sistem kerja otak ia dibantu oleh dua memori, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Memori jangka pendek adalah memori kerja yang berfungsi menyimpan informasi untuk sementara dalam jumlah yang sangat terbatas. Sedangkan memori jangka panjang adalah tempat penyimpanan pengetahuan secara permanen.

Di memori jangka panjang ada yang namanya Episodic memori yang maksudnya adalah memori yang memuat atau berisi tentang peristiwa dalam kehidupan seseorang. Baik peristiwa dalam hal yang menyenangkan dan juga hal yang buruk. Tentu ingatan itu dapat di ingat dalam jangka waktu yang lama apalagi memori tersebut menyimpan banyak kenagan yang manis atau bahkan amat buruk dan membuat trauma pada seseorang tersebut.

Dari sisnilah aku paham kenapa kenangan masa lalu itu sulit aku lupakan, ya karna ia tersimpan di memori jangka panjangku yang membuat aku sulit untuk melupakannya, bukan karna aku gak bisa tapi karna kenangan itu udah tersimpan begitu lama.

Seperti yang sering aku dengar, semakin kita berusaha untuk melupakannya semakin kita ingat setiap detailnya. Karena dari itu jangan langsung nge-judge orang-orang yang gak bisa move on, itu bukan karna keinginan dia gak bia melupakan, tapi karna semua kenangan dan fikiran yang pernah ia lewati itu udah langsung ke simpan ke memori jangka panjangnya. So move in bukan perkara gampang yaaa..hehehe

Pengirim :
Selvia
Mahasiswi UIN IB Padang, Jurusan Psikologi Islam Semester 7
Email : selvias097@gmail.com


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.