TamiangNews.com | KUALA SIMPANG | Menindaklanjuti pertemuan dan pembahasan terkait Dermaga Ekspor-Impor Internasional di Kampung Air Masin Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang beberapa waktu lalu, warga daerah itu desak Pemerintah Daerah segera action.
Pasalnya, sejak Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., bersama Kepala Kanwil Bea dan Cukai Aceh, Safuadi pada bulan September 2019 lalu dan telah turun ke lokasi persiapan untuk membangun Dermaga Ekspor-Impor di Kecamatan Seruway, tepatnya di Kampung Air Masin hingga saat ini belum ada kejelasan, ironisnya lagi pihak pemerintah daerah tidak turun kelokasi setelah pertemuan tersebut.
Padahal, masyarakat Aceh Tamiang khususnya masyarakat yang berada di kecamatan tersebut sangat mengharapkan dan mendukung penuh pembangunan pelabuhan itu. Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat mengurangi angka pengangguran. 
Pantauan TamiangNews.com dilokasi kegiatan pembangunan Dermaga di Kampung Air Masin terlihat pematangan areal sudah dilakukan, dengan pembersihan dan pengerukan alur dengan menambah kedalaman lebih dari 5 meter agar mudah kapal bersandar.
Di lokasi pelabuhan tersebut juga sedang dibangun gudang dengan ukuran 15 X 67 M, sedang dalam tahap pemasangan bata, begitupun dengan pembangunan Dok Kapal, juga sedang dalam pengerjaan..
Datok Penghulu Kampung Air Masin Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Zaharuddin mengatakan, Bupati Aceh Tamiang, Mursil dan pihak Kanwil bea dan cukai Aceh beserta rombongan lainnya sudah pernah melakukan peninjauan lokasi dermaga persiapan.
"Namun hingga hari ini saya belum pernah melihat pihak Pemerintah Aceh Tamiang datang lagi ke lokasi itu", katanya, Sabtu (16/11). 
Menurut Datok, seharusnya jika pemerintah serius akan kegiatan pembangunan pelabuhan pastinya mereka (pemda) akan meninjau ulang. 
Diungkapkan Zaharuddin, pada saat kunjungan itu. Pihak Kanwil Bea dan Cukai Aceh sangat mendukung pembangunan pelabuhan dilokasi itu. Dan setelah terbangunnya pelabuhan tersebut, pihak kanwil juga akan memberikan bantuan fasilitas lain nantinya. 
Datok lebih lanjut mengatakan Bupati, saat datang kemari waktu itu menegaskan pihaknya selaku Pemerintah Daerah akan mendukung penuh hal ini, dan sebahagian tanahnya akan disumbangkan untuk pembangunan demaga ini, ungkapnya. 
Kata Datok lagi, Bupati waktu itu juga mengatakan bahwa Pemkab Aceh Tamiang siap untuk mendukung proses legalitas Dermaga itu, sehingga bisa segera selesai dan dermaga itu bisa segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. 
Akan tetapi, sambungnya, hingga saat ini belum ada lagi tindak lanjut dari usai dilakukan peninjauan itu. 
"Jangan sampai rencana Pembangunan Pelabuhan ini sebatas janji menyenangkan hati masyarakat saja, serta ajang pencitraan“. 
Masyarakat disini sangat berharap agar pembangunan ini benar-benar dilakukan dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Aceh Tamiang, khususnya di Kecamatan Seruway. 
Masih banyak masyarakat Seruway yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Dengan adanya pelabuhan itu setidaknya mereka bisa memiliki peluang pekerjaan yang lebih baik, harap Zaharuddin.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.