TamiangNews.com | KARANG BARU -- Dalam Rangka Kegiatan Penilaian Lomba Desa Mandiri Tingkat Kodam IM Tahun 2019, di Wilayah Kodim 0117/Atam, Tim Penilai dari Sterdam IM Letkol Arm Kusdi Yuli Suhandra, kunjungi Desa Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed Kab. Aceh Tamiang, Kamis (14/11).
Datok Penghulu Kampung Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed Asril, dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada tim penilai telah mengunjungi desa yang telah terpilih sebagai salah satu kategori Desa Mandiri, semuanya butuh jenjang dan tingkatan serta kerjasama antara Perangkat, Toga, Todat dan seluruh lapisan masyarakat Desa Tanjung Neraca, ungkapnya.

Meskipun belum merata pembangunan sarana prasarana didesa kami namun sudah tepat sasaran, hal itu sesuai dengan Visi Misi kami, apalagi dengan adanya Anggaran Dana Desa dan Semangat dari Muspika 3 Pilar yaitu Camat, Danramil Serta Kapolsek Manyak Payed yang rela terus memberikan masukan bimbingan serta arahan dan, papar Datok bersemangat.

Sementara itu sambutan Kasdim 0117/Atam  Mayor Inf. A.Yani, mengatakan pihaknya hanya memberikan motivasi dan semangat agar terus terjalin kerjasama dan sirahrurahmi antara Desa Binaan dengan Masyarakat agar tidak henti hentinya memberikan yang terbaik untuk menciptakan Desa yang bersih, indah dan sejuk idaman seluruh masyarakat.

Ketua Tim Penilai Desa Mandiri, Pabandya Puanter Sterdam IM, Letkol Arm Kusdi Yuli Suhandra, dalam arahannya menampaikan selaku tim penilai Lomba Desa Mandiri, ada beberapa faktor penting katagori Desa Mandiri yang meliputi beberapa aspek, antara lain tingkat Keamanan dan Kesadaran Bahaya Narkoba. Tingkat Kebersihan Lingkunganya, kesadaran yang di timbulkan diri sendiri tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau diselokan. 

Begitupun dengan tingkat Pendidikan, tidak ada lagi anak anak putus Sekolah, dan tidak ada lagi yang sekolahnya hanya tamat SLTP atau SMA, harus ke jenjang yang lebih tinggi ke Sarjana dan lain sebagainya, tutupnya.
Penilaian dilakukan dengan cara wawancara tanya jawab sesuai dengan Cheklist serta melihat sarana prasarana BUMK di desa Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed

Adapun aspek katagori Penilaian lomba Desa Mandiri sesuai dengan cheklis penilaian secara wawancara dan fisik tersebut yaitu Beridiologikan Pancasila, Sadar Hukum, bebas Narkoba, Swasembada pangan, memiliki Ekonomi Mandiri.

Lingkungan Kamtibmas yang baik (siskamling), berpendidikan dan memiliki keterampilan, lingkungan yang sehat, toleransi antar umat Agama, Karang Taruna (orgs pemuda). Sarana Prasarana BUMK desa Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed. 

Sarana prasarana pendidikan, Sarana prasarana olahraga, Sarana prasarana kesehatan, Sarana prasarana pertanian. Sarana prasarana pembibitan macam-macam pohon.

Hadir dalam kegiatan. Pabandya Puanter Sterdam IM, Ketua Team
Letkol Arm Kusdi Yuli Suhandra, dan 1 Anggota, Serka Yudo Yuwono Batimin Puanter Sterdam IM dan berserta 4 Anggota Tim Penilai Sterdam IM. Kasdim 0107/Atam Mayor Inf. A. Yani. Camat Mayak payed Muktar Hadi ST.p. Danramil 06/MPY Kpt Inf.P Harahap. Kapolsak Manyak Payed Iptu Lilik Harwanto SH. Pasiter Kodim 0117/Atam Letda Inf.Faisal Hadi. Kepala Puskesmas Manyak Payed Dr.Frans (Diwakili). Kepala KUA Manyak Payed S.Tamba SAG (Diwakili). Datok Desa Tanjung Neraca Asril. Ibu-ibu PKK Desa Tanjung Neraca. Bpk Mukim, Kemukiman Desa Raja Tuha M.Diya. Masyarakat Desa Tanjung Neraca.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.