TamiangNews.com - KARANG BARU -- Pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem  Manajemen Layanan (SIMAYA) merupakan persuratan dalam Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2019 berlangsung di Aula Diskominfo setempat, Rabu, (13/11).
Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta dari Perwakilan Satuan Perangkat Kabupaten Aceh Tamiang dihadiri oleh Sekretaris Aceh Tamiang, para Kepala SKPK, para Asisten di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang serta Narasumber dari Diskominfo Kota Bandung.

Kepala Dinas Komunikasi,  Informasi dan Persandian Aceh Tamiang, Drs. Amiruddin Y dalam sambutannya menyampaikan, Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Manajemen Pelayanan Persuratan berdasarkan undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Kemudian peraturan pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik, Keputusan Bupati Aceh Tamiang Nomor 1620 Tahun 2019 tentang pembentukan panitia pelaksanaan dan penunjukan narasumber pada kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi sistem manajemen pelayanan persuratan dalam Kabupaten Aceh Tamiang, jelasnya.

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik, tanpa harus berada di kantor, karena SIMAYA persuratan dapat diakses di mana saja walaupun pimpinan tidak ada di tempat dan tanpa memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk karena semua pejabat diberikan akun simaya persuratan, terangnya

Sementara itu Bupati Aceh Tamiang H Mursil,SH, M.Kn dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Basyaruddin,SH, mengatakan  Persuratan menjadi hal yang tak terlepas dari aktivitas keseharian instansi pemerintah.

Surat-menyurat menjadi media komunikasi tertulis antar Instansi Pemerintah ataupun masyarakat, sehingga surat masih menjadi  rujukan utama pada setiap aktivitas di instansi pemerintah. 

Saat ini, persuratan di Instansi   Pemerintah secara umum masih berjalaan manual, Sementara hal tersebut tidak seimbang dengan intensitas persuratan yang makin tinggi dan menuntut kecepatan waktu.

Pada saat ini, kecepatan menjadi hal sensitif dalam kinerja instansi pemerintah. Masyarakat sendiri telah merubah pola pandangnya.  

Makin cepat instansi pemerintah bekerja maka  kinerja instansi tersebut semakin baik. 

Hal ini tentu menjadi sebuah sugesti bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan efisiensi kinerjanya.  Kemajuan teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari masalah diatas. 

Sistem Persuratan Elektronik menjadi solusi yang dapat  diterapkan pada kondisi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung  tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menunjang  administrasi perkantoran.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Aplikasi Khusus  adalah Aplikasi SPBE yang dibangun,  dikembangkan, digunakan, dan dikelola oleh  instansi pusat atau pemerintah daerah tertentu untuk memenuhi kebutuhan khusus yang bukan   kebutuhan instansi pusat dan pemerintah daerah lain.

Hal ini sesuai dengan Visi dan Misi  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, khususnya Misi ke-2 : “Memantapkan Tata Kelola  Pemerintahan yang Baik, Melayani, Berkualitas dan Berbasis Information, Communication Technology.

Sekda berharap Bimtek ini dapat membawa hasil nyata bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dalam upaya meningkatkan kecepatan dan keakuratan penyampaian informasi  sehingga memudahkan pimpinan dan staf dalam melacak aliran surat; sehingga memudahkan pimpinan dalam memberikan perintah berupa disposisi atas surat yang diterima,  

Meningkatkan keandalan dokumentasi karena seluruh informasi tersimpan dalam bentuk  digital, 

Dan meningkatkan keamanan surat, karena surat hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang terutama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, demi terwujudnya keamanan dalam Sistem Informasi Pemerintah Kabupaten Aceh.

Pada akhir penyampaiannya Sekda juga menyampaikan dukungan dan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras agar terlaksananya acara ini.

Kepada seluruh peserta Bimtek Kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga  materi yang disampaikan oleh narasumber dapat bermanfaat untuk kemudian di terapkan pada masing-masing Perangkat Daerah  Kabupaten Aceh Tamiang.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.