TamiangNews.com | KARANG BARU - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tamiang, gelar Kegiatan Tes Wawancara Bakal Calon Anggota MPU priode 2019-2024. Acara berlangsung di ruang sidang utama DPRK Aceh Tamiang, Senin (18/11).
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, H. Basyaruddin SH mengatakan, ujian tes wawancara ini dimaksudkan untuk menilai sejauh mana integritas, konsistensi dan minat para peserta apalagi Kali ini tes akan diikuti puluhan peserta dengan sistem pengawasan dan materi yang lebih ketat serta para Peserta disyaratkan mampu membaca kitab berbahasa arab tanpa baris. 

"Terkait komposisi anggota MPU Kab. Atam ke depan, pihaknya berharap agar ada cendekiawan muslim masuk di dalamnya. Namun, semua itu tergantung pada hasil ujian. Sebab, ujian yang dilakukan menganut sistem gugur jadi apabila peserta pertama tidak bisa membaca maka diambil peserta berikutnya dan untuk pemilihan ketua MPU serta para wakil ketua akan dilakukan setelah anggota MPU terpilih dan ditetapkan secara administrasi oleh pemerintah Aceh," ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris MPU Kab. Aceh Tamiang, Drs. Maddiyah M.Pd menjelaskan, materi yang di ujikan dalam tes tahap wawancara ini yaitu tes membaca dan pemahaman kitab kuning, tes membaca dan pemahaman tentang Al-Qur’an serta materi kompilasi hukum Islam. 

"Jumlah seluruh nya peserta yang terdaftar untuk mengikuti ujian tahap wawancara bakal calon anggota MPU Kab. Atam berjumlah sekitar 69  orang, tapi yang hadir sekitar  58 orang," ungkapnya sembari menambahkan, Kegiatan tes tahap wawancara tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 18 s/d 19 November 2019.

"Tim Penguji tes tahap wawancara bakal calon anggota MPU (Majelis Permusyawatan Ulama) Kab. Aceh Tamiang yaitu, Dangas Siregar SHI.SH (Tim penguji dari Mahkamah syariah Kab. Atam), Dr. H. Zulkarnain MA (Tim Penguji dari IAIN Cot Kala Langsa) dan H. Abdul Wahab MA (Tim penguji dari Kemenag Kab. Atam)," terang Maddiyah.[]TN-W015

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.