TamiangNews.com, KARANG BARU | Curah hujan yang tinggi dan merata disetiap daerah dalam kabupaten Aceh Tamiang umumnya Provinsi Aceh, Kodim 0117/Aceh Tamiang, meminta masyarakat yang berada di dataran rendah dan bantaran sungai untuk dapat mewaspadai cuaca ekstrim.
Hal itu disampaikan diterima wartawan melalui WhatsApp grup Kodim disampaikan oleh Babinsa Kopda Eko Martoyo, Koramil 05/Thu Kodim 0117/Aceh Tamiang, diminta kepada masyarakat untuk dapat mewaspadai cuaca ekstrim.
Pihak mereka telah melakukan Pengecekan dilokasi banjir bersama perangkat Kampung melihat langsung kondisi arus sungai yang cukup tinggi. 
Hal tersebut disebabkan curah hujan diatas rata – rata, dan mulai menggenangi Kampung Rongoh, Kecamatan Tamiang Hulu. Kabupaten Aceh Tamiang. Minggu (03/11)
Kopda Eko Martoyo, meminta warga untuk mewaspadai dan mengantisipasi terjadinya luapan air sungai ke pemukiman warga. 
Himbauan itu disampaikan Babinsa bersama perangkat Kampung kepada warga setempat, agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca dengan intensitas hujan cukup tinggi, jelasnya.
Akses jalan Kampung yang menghubungkan Kampung Rongoh menuju Kampung Simpang Kiri sudah tergenang air, dengan ketinggian diatas badan jalan antara 25 sampai 30 centi meter.
Diharapkan air akan berangsur surut, walaupun pelan, dihimbau serta diminta kepada semua warga yang berada di sekitar sungai agar dapat untuk bersiaga memantau kondisi arus sungai, dikarenakan aliran arus sungai yang tinggi dan deras bisa naik kapanpun, tegas Kopda Eko Martoyo.
Selain itu, Danramil 05/Tamiang Hulu Kapten Inf Abidin menyampaikan, kami sudah perintahkan kepada seluruh personel, yaitu para Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar selalu memantau dan memonitor keadaan Kampung binaannya, terutama yang rawan banjir. Karena sewaktu – waktu dapat terjadi bencana, terangnya.
Jika terjadi bencana dan itu tanpa diduga, maka semua personil harus siap untuk diterjunkan membantu masyarakat, tegas Kapten Inf Abidin.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang, Syahri SP saat dihubungi melalui pesan WhatsApp membenarkan air beberapa hari ini mulai tinggi di daerah tersebut.
"Memang betul hasil pantauan petugas kami dilapangan dan Alhamdulillah hari ini Senin (4/11) air sudahh mulai surut namun kami tetap siaga memantau perkembangan dilapangan", jawab Syahri, SP.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.