TamiangNews.com, KARANG BARU -- SDN 2 Percontohan Karang Baru adakan kegiatan sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Hidroponik, Selasa (15/10).



Sosialisasi dan Pelatihan ini berupa trasfer inovasi tentang pembuatan pupuk kompos dan hidroponik sebagai upaya memanfaatkan sampah agar lebih berguna, dalam kegiatan sehari hari. 

Sedikitknya 30 peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, 7 diataranya guru dan 23 lainya para siswa/i sekolah tersebut. 



Adapun narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Arianto mengatakan, sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan antara lain pemberian materi diskusi dan praktek.

Arianto menyampaikan penjelasan tentang ciri-ciri dari kompos yang berkualitas baik diataranya bentuk fisiknya menyerupai tanah, warnanya coklat kehitaman, suhu ruangan dan tidak mengeluarkan bau busuk.

Dijelaskan Arianto juga menjelaskan kepada peserta harus tau tentang Tanaman Hidroponik juga harus tahu bagaimana cara menanam yang benar, pertama adalah benih yang baik yang sudah disortir dan bagaimana menyiapkan media tanaman yang baik dan benar.

Hal ini penting untuk diketahui para siswa yang mengikuti pelatihan agar keberhasilan dalam pembuatan pupuk kompos dan tanaman hidroponik ini dapat terwujud, ucapnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 2 Percontohan Yulidarna S.Pd dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya sangat senang dengan kegiatan ini, selain sebagai pembelajaran bagi siswa/i juga dapat menjadi contoh sekolah lain.

"Saya berharap sekolah kami dapat menjadi contoh kedepannya untuk sekolah lain", harapnya. [] FERI

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.