TamiangNews.com | SEKERAK --  
Kabupaten Aceh Tamiang yang berada di ujung Provinsi Aceh memiliki banyak pesona SDA (Sumber Daya Alam) yang hayati dan alami, tak hayal membuat banyak pecinta alam ingin berpariwisata menikmati pesonanya.
Hutan Kota salah satunya, merupakan tempat Destinasi Wisata yang berada di Kabupaten itu, yang memiliki luas areal sekitar 15 Ha yang berada di Desa Aras Sembilan Kecamatan Sekrak, terkesan terabaikan, padahal jarak tempuh dari Pusat Kabupaten hanya memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit.

Hal itu tampak, dari tumbuhnya pohon-pohon yang mulai mengurai di belantara keindahan hutan kota, sehingga menyisihkan bentangan alam di wilayah tersebut.

Menyikapi pesona Hutan Kota, Direktur Forjakat (Forum Jasa Konsultan Aceh Tamiang), Zulkarnain kepada awak media, Selasa (8/10) mengatakan, pada 2016 lalu, Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Tamiang telah merencanakan dan membuat berbagai konstruksi seperti, Gapura, Rumah Jaga, Pagar dan Plank Nama yang bertuliskan Hutan Kota Aceh Tamiang serta Pembenahan rute jalan.

"Di tahun 2016, melalui DAK APBA (Dana Alokasi Khusus Anggaran Pendapatan Belanja Provinsi Aceh) telah dicucurkan sebesar 450.000.000,- untuk pekerjaan tersebut,"Ungkapnya.
Sementara itu, Kasubag Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sebelumnya Kasi Bidang Perkebunan Kabupaten Aceh Tamiang, Safri SE menjelasakan, ada beberapa potensi yang akan menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) jika hutan kota dapat direalisasi seperti, Retribusi baik dari pengunjung maupun parkir.

"Selain itu, juga dapat menjadi pusat kesimbangan karbon dan terjaganya kelestarian alam," terangnya sembari menambahkan bisa menjadi pusat riset study bagi dunia pendidikan.

"Ya kami berharap Pemerintah Daerah dapat melanjutkan untuk pembangunan hutan kota sebagai salah satu objek Destinasi Wisata dan Icon Daerah," harapnya.[]TN-W015

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.