TamiangNews.com | KARANG BARU -- Dalam membantu masyarakat mempunyai rumah yang layak huni, sehat, dan nyaman, pemerintah memberikan bantuan. Hunian tersebut akan diperbaiki sehingga penghuni bisa lebih nyaman.
Ilustrasi 
Rumah tidak layak huni ini akan diperbaiki atau direnovasi melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal dengan nama bedah rumah, yang tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang, sebut Pj. Kadis PUPR Aceh Tamiang Mix Donal melalui Kabid Perumahan Rakyat Rukayah, diruang kerjanya Jum'at (18/10).

Untuk tahun 2018 telah  selesai dilakukan Pembangunan Rumah Sehat Sederhana dan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni sumber dana APBK sebanyak 76 unit, 2 (dua) unit diantaranya tidak terlaksana pembangunannya.

Sedangkan Rehab rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sumber dana DAK tahun 2018, sebanyak 240 unit. 

Untuk tahun 2019 ini juga dilaksanakan Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Pembangunan Rumah Semi Sederhana sumber dana APBK sebanyak 74 unit, hingga hari ini sudah terlaksana 90% sedang dalam pelaksanaan.

“Hal ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah-red). 

Diharapkan dengan dilakukannya program ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman,”, kata Rukayah.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi MBR untuk meningkatkan keswadayaan atau gotong royong dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta Prasarana, Sarana, dan Utilitas umum (PSU).

BSPS ini juga menjadi stimulan bagi masyarakat agar dapat bergotong dalam meningkatkan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Pelaksanaan pembangunan atau renovasi melibatkan masyarakat. Caranya dengan membentuk kelompok untuk memperbaiki atau membangun rumah secara gotong royong.

Setelah ada bantuan bahan bangunan, kelompok yang telah dibentuk tersebut akan bersama-sama membangun atau merenovasi rumah yang sebelumnya tidak layak huni menjadi rumah yang jauh lebih baik.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.