TamiangNews.com | KARANG BARU -- Untuk menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Aceh Tamiang mengelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengurus Forum dan Koordinasi Workplace Skill Development Center (SDC), yang dipusatkan di Aula Bappeda setempat, Rabu (23/10).
Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., membuka secara langsung kegiatan itu yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Aceh bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Tamiang, dirwncanakan berlangsung selama tiga hari, sejak Rabu (23/10) s.d. 25 Oktober 2019, Bimtek 

Bupati Mursil mengatakan, digagasnya Kabupaten Aceh Tamiang sebagai pilot project Skill Development Center, merupakan penghargaan dan apresiasi yang patut disyukuri. 

Ia mengatakan, Pemkab memberikan perhatian dan komitmen dalam mengemban tugas tekait penanganan masalah ketenagakerjaan dan pengangguran.

“Dengan adanya SDC ini merupakan salah satu forum yang bisa membantu dan hari ini kita sedang berusaha meningkatkan potensi Aceh Tamiang,” jelasnya.
Lebih lanjut, Bupati Mursil berharap, pertemuan ini dapat memberikan pemahaman yang sangat baik bagi tim dalam rangka penyiapan dalam menyusun strategi dan penanganan terkait ketenagakerjaan, mulai dari penyiapan data potensi wilayah, data pencari tenaga kerja, eksekusi dan monitoring. 

Dijelaskannya, generasi sekarang perlu memiliki kemampuan dan kompetensi tertentu, terutama pada sekolah kejuruan.
 
Sementara, Kasi Pemberdayaan BLK Aceh, Susanto, selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa Bimtek pengelola SDC diarahkan untuk mendesain penanganan persoalan ketenagakerjaan dan pengangguran di Aceh Tamiang. 

Dikatakannya, tingkat pengangguran mencapai 5,43 % dari total angkatan kerja. Angka ini masih tinggi terlebih bila dibandingkan dengan persentase nasional. 

Namun, Susanto dalam paparannya turut menambahkan, meski demikian, peluang Aceh Tamiang menuntaskan hal tersebut juga sangat besar. Ini berdasarkan perhitungan peluang kerja yang juga cukup besar, namun perlu integrasi antar program antar instansi untuk menyelesaikannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, M. Zein, Ia menjelaskan, penanganan persoalan ketenagakerjaan dan pengangguran dalam kondisi ini tidak dapat dikerjakan atau bertumpu hanya oleh satu Dinas/instansi saja, namun harus dilakukan secara komprehensif, masif dan terstruktur. 

Dengan demikian diharapkan dapat menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Tamiang.

Kegiatan ini turut menghadirkan Senior Advisor Bappenas, Bambang Wasito, selaku Tim SDC Pusat untuk menjadi pemateri pada Bimtek dan Capacity Building yang dijadwalkan digelar selama tiga hari tersebut dan sejumlah kepala SKPK terkait tampak hadir kegiatan. Para peserta, terdiri dari para pengurus SDC serta para Koordinator dan Pengelola workplace dari SMK se-Aceh Tamiang.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.