TamiangNews.com | KARANG BARU -- Meriahnya pelaksanaan  Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-54 Provinsi Aceh Tahun 2019 yang dipusatkan di Kabupaten Aceh Tamiang membahana hingga kepelosok bumi muda sedia, pasalnya kegiatan berlangsung mulai 22 Oktober hingga 25 Oktober 2019 ini dikikuti oleh 3000- an peserta dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Aceh.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Drs Zulkarnain menyebutkan bahwa selama perhelatan HAI ini akan diisi dengan beberapa kegiatan yaitu Lomba tutor pendidikan keaksaraan, lomba Pamong Pelajar, Lomba pengelola PKBM, Lomba Penilik, Lomba Kontingen Pavorit dan Lomba Stand Pameran.

Kegiatan ini, kata Zulkarnain, diikuti 22 Kontingen dari 23 Kabupaten Kota Se-Provinsi Aceh. "Sekitar 3.000 peserta meramaikan kegiatan tersebut," ungkapnya  Selasa, (22/10) di Tribun Belakang Kantor Bupati.

Sementara, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, dalam sambutan yang dibacakan Bupati Kabupaten Aceh Tamiang, H Mursil SH MKn mengatakan, Pemerintah Aceh pada dasarnya tidak hanya bertekad memberantas buta huruf di daerah, tapi juga ingin menjadikan generasi muda Aceh sebagai anak cerdas (carong) agar mampu bersaing di tingkat nasional.
Untuk mewujudkan impian itu, Pemerintah Aceh telah menyiapkan beberapa program, diantaranya, Penguatan keterampilan bagi generasi muda melalui Penyediaan fasilitas pendidikan serta Pemerataan rasio dan kompetensi guru untuk semua jenjang.

Selain itu, Penyediaan bantuan pendidikan bagi anak yatim dan pendidikan vokasional, keterampilan bagi peserta didik, bidang studi, anak miskin mulai dari SD hingga perguruan tinggi. 

Yang tak kalah penting yaitu Pengiriman putra-putri terbaik Aceh untuk belajar di Universitas-Universitas yang bergengsi di luar negeri guna memberi kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Pemerintah Aceh berharap Pemerintah Kabupaten/kota juga mendukung semangat ini dengan mengalokasikan anggaran yang cukup bagi sektor pendidikan daerah. 

Selain itu, peran aktif warga terdidik juga dibutuhkan untuk penguatan sektor pendidikan ini. Dengan demikian, cita-cita kita membangun pendidikan Aceh yang berkualitas dan berdaya guna akan dapat terwujud.

Hadir pada pembukaan HAI ke 54, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kakanwil Kemenang Aceh, Para Bupati dan Walikota Se-Aceh, Waka Polres Aceh Tamiang, Kasdim 0117/Atam,  Pasi Intel Kapten Inf Nunu Rukmana,  Kajari Aceh Tamiang, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang, Kepala Mahkamah Syariah Kuala Simpang, Ketua MPU, Ketua MAA, Ketua MPD, Para Kepala SKPK dan ratusan masyarakat Aceh Tamiang.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.