TamiangNews.com, SUBULUSSALAM -- “Bapak-bapak, ibu-ibu sayang tidak kepada kedua orangtua? Memang betul kita wajib  patuh kepada orangtua lebih-lebih lagi kepada ibu kita, yang melahirkan kita, menyusui kita dan membesarkan kita,” demikian antara lain isi ceramah Abizar Arrifai AS dai cilik asal Lorong Kombih, Desa Subulussalam Utara, Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam.

Foto : Serambi
Ceramah yang videonya diposting dalam akun media sosial facebook hingga Sabtu (7/9/2019) ditayangkan atau ditonton sebanyak 3.516.894 kali. https://www.facebook.com/ mrkrsumut/videos/ 2149087015137160/

Yah, video Abizar yang akrab disapa Abi ini menjadi viral pada sejumlah akun media social seperti facebook, Instagram hingga grup-grup whatsapp.

Di facebook sendiri, berdasarkan amatan Serambinews.com sejak diposting pada akun Ahmadi Dan Abizar AS, 3 Februari atau tujuh bulan lalu sudah tercatat sebanyak· 3.516.894 Tayangan dan 37 ribu menyukai.

Video berdurasi 3.55 ini dipenuhi 3,6 ribu Komentar dan 115 ribu kali dibagikan. Tak pelak, video Abi menjadi satu-satunya pemecah rekor paling viral di Kota ada Kata ini. https://www.facebook.com/ mrkrsumut/videos/ 2288456371200223/

Ceramah bertemakan berbakti kepada kedua orangtua ini disampaikan Abi di hadapan jamaah suluk  Dayah Hidayatullah, Subulussalam.

Murid TK Azzahra ini pun mengutip penggalan ayat 23 surah al-Isra yang bunyi fa lā taqul lahumā uffiw wa lā tan-har-humā yang artinya “Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka,”.

Meski masih termasuk Balita namun dari gaya bahasa, gerakan tubuh, sampai tatapan mata dimiliki putra pertama pasangan Ahmadi, SHI dengan Siti Aliah SPdI ini seperti dai senior.

Setiap tampil, Abi menyampaikan tausiahnya sambil mengepal atau mengayunkan tangan. Mata, tangan, dan suaranya lincah beriringan saat bicara hingga membuat tawa dan aplus jamaah bergemuruh.

Abi juga menyelipkan lagu raja Dangdut H Rhoma Irama soal menghormati ibu seraya menyanyikan. https://www.facebook.com/ mrkrsumut/videos/ 1265809943464876/

Usut punya usut, Abi ternyata mulai menyukai ceramah sejak masih berusia tiga tahun. Bakat ini, kata Ahmadi, ayah kandung Abi, sudah terlihat di usia anaknya masih dua tahun. 

Kala Abi masih 1,5 tahun juga sudah jago menghafal seperti nama-nama nabi 25 dan doa makan. Awal Abi tampil di muka umum di acara lomba baca doa-doa pendek yang dilaksanakan Ikramullai (Ikatan Remaja Masjid Nurul Lail).

“Dan waktu itu Abizar AS ikut sebagai peserta doa-doa pendek dan mendapat juara 3 dari 19 peserta,” kata Ahmadi.

Setelahnya, Abi mulai tampil di hadapan orang atau jamaah. Bahkan, Abi juga kini telah puluhan kali ceramah dari masjid ke masjid hingga acara hajatan.

Di masjid, kata Ahmadi dai cilik Abi sudah 15 kali berceramah dalam berbagai momen seperti Isra dan Mikraj, Maulid Nabi dan lainnya. Sementara acara hajatan lain seperti pesta perkawinan atau khitan mencapai 40 kali.

Jamaah selalu meminta Abi tampil karena merasa terhibur dan menjadi motivasi bagi anak-anak seuisianya. https://www.facebook.com/ mrkrsumut/videos/ 1932414756804388/. [] SERAMBI



Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.