TamiangNews.com | SEKERAK -- Warga Kampung Pematang Durian. Sekumur Juar dan Sulum dalam Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang mulai merasa kehilangan kebersamaan dengan TNI. Keresahan itu terlihat di raut wajah mereka karena sebentar lagi akan berpisah dengan Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0117/Atam yang hampir sebulan berkumpul bersama.
Masyarakat yang sudah terbiasa berbagi cerita, bercanda, bercengkrama dan bekerja secara bersama-sama untuk menyelesaikan sasaran fisik TMMD, dimana 8 Agustus mendatang harus merelakan TNI meninggalkan kampung mereka.
Salah seorang warga yang merasakan rasa kehilangan adalah Hasanuddin (40). Seperti beberapa warga lainnya, di rumahnya yang sederhana,  Hasanuddin rela berbagi tempat istirahat (tidur) untuk para prajurit anggota Satgas TMMD. Dengan jujur Hasanuddin  pun bertutur bahwa keberadaan TNI di rumah dan kampungnya telah memberikan warna tersendiri bagi warga.

“Selama ini, kami sudah terbiasa bercanda di sela-sela pekerjaan fisik TMMD yaitu pengerjaan pengerasan jalan kampung dan sarana umum lainnya, terlebih pada momen makan bersama dan saat istirahat malam, sudah seperti keluarga sendiri. Mereka (TNI) mau makan apa adanya dan mengerti kondisi kami,” ungkap Hasanuddin, Jum'at (02/08).

Namun, lelaki paruh baya ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0117/Atam karena telah mengajarkan banyak hal yang bermanfaat bagi keluarganya dan warga lainnya. Bagi Hasanuddin, setelah upacara penutupan TMMD pada 8 Agustus mendatang, warga akan segera berpisah dengan para prajurit TNI Satgas TMMD, karena waktu tugas telah berakhir selama 30 hari.

“Tapi bagaimana lagi, kami sadar dan ikhlas, TNI meninggalkan kami, karena mereka sudah ditunggu tugas lain dan keluarga di rumah. Pasti sudah rindu putra-putrinya di rumah, terima kasih ya Pak TNI, sampaikan kepada yang lain juga. Anggap kami di sini sebagai keluarga, kalau lewat sini ya mampir,” tuturnya terbata-bata.

Hasanuddin bersama warga lainnya di lokasi pengecoran jalan, juga meminta kepada anggota Kodim 0117/Aceh Tamiang yang mendokumentasikan semua kegiatan fisik TMMD maupun keseharian TNI bersama warga masyarakat, agar dipilih kemudian dicetak, diberi bingkai dan dipasang di dinding ruang tamu Kantor Datok Penghulu dan ruang pertemuan (Balai Desa).

“Walaupun backgroundnya tidak seperti di kota, tapi itu akan menjadi kenangan manis buat kami,” tutup Hasanuddin.[]TN-WL007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.