TamiangNews.com | SERUWAY -- Kemeriahan acara dalam mengisi kegiatan HUT RI ke 74 terus membahana antusian warga masyarakat terlihat tidak mau ketinggalan untuk dapat menyaksikan secara langsung apa yang disuguhkan oleh panitia HUT RI.
Seperti hari ini warga masyarakat Kampung Oadang Langgis Kecamatan Seruway Aceh Tamiang oasnya di dusun Setia Bakti ikut menyaksikan atraksi kuda lum­ping atau akrab disebut Kuda Kepang, Sabtu  (24/8).

Kesenian Tradisional Jawa ini dengan ciri khas kuda-kudaan dan cambuk tersebut menarik minat warga dengan mendatangi lokasi acara itu. Tidak hanya warga etnis Jawa yang banyak mendiami Dusun Setia Bakti datang menonton, tetapi juga dari pelosok lain di wilayah ini yang hendak melewati kawasan Dusun Setia Bakti ter­paksa berbalik arah karena kiri kanan  badan jalan di penuhi penon­ton.

Salah seorang Irhamni, warga Aceh Tamiang menyatakan sangat tertarik dengan  kuda lumping. "Atraksi munum air kelapa memakan batang tebu, dan para pemain dari pihak pria menari menuru gaya wanita, gerakannya percis seperti penari wanita serta gendang dan cambuk sangat menarik, walaupun saya bukan suku Jawa hal itu sungguh sangat menarik," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dusun Setia Bakti Basri menye­butkan, kegiatan ini di­gelar untuk meme­riahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Kuda lumping atau akrab disebut di Aceh Tamiang Kuda Kepang salah satu acara yang selalu digelaar setiap hari kemerdeka bersama acara lain, seperti panjat pinang dan aneka lomba lainnya.

Basri tidak menyangka antusias warga sangat luar biasa menyaksikan acara kuda kepang ini, padahal acara tingkat dusun ini tidak ada pem­beritahuan sebelumnya kepada masyarakat, namun informasi dari mulut kemulut membuat kunjungan warga melebihi kapasitas lapangan yang ada, papar Basri. []TN-W007.

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.