TamiangNews.com, JAKARTA -- Konsultasi dan Audiensi Pimpinan Daerah Aceh Tamiang perihal Usulan Pemindahan Wilayah Hukum Kecamatan Manyak Payed dari Polres Langsa ke Polres Aceh Tamiang, di kantor Kemenpan-RB dan Mabes Polri, Jakarta Senin (8/07).




Demikian disampaikan Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, dalam pertemuan itu Bupati Mursil, SH, M.Kn, bersama Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST, Ketua DPRK Fadlon, SH, Kabag Hukum Setdakab Rahmadani, SH, MH, Kabag Humas Setdakab Agusliayana Devita, S.STP., M.Si.

Dalam kunjungan Pertama Bupati dan Unsur Pimda Aceh Tamiang ke Kemenpan-RB, rombongan diterima oleh Asisten Deputi Asesmen & Koordinasi Pelaksana Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana, Bidang Polhukam dan Pemda Nanik Murwati, serta Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana T. Eddy Syah Putra. 

Bupati Mursil, SH, M.Kn  menjelaskan bahwa usulan Pemindahan Wilayah Hukum Kecamatan Manyak Payed dari Polres Langsa ke Polres Aceh Tamiang, ini merupakan aspirasi warga Manyak Payed. 

Pada 2017 para Datok Penghulu bersama Bupati dan unsur Pimda Aceh Tamiang pernah beraudiensi perihal dimaksud ke Komisi III DPR RI. 

Adapun alasan pemindahan wilkum Manyak Payed, diantaranya, untuk memudahkan koordinasi penanganan masalah sosial masyarakat setempat bersama instansi vertikal, terutama unsur Forkopimda, serta efisiensi waktu dan efektivitas penanganan permasalahan tindak pidana yang terjadi di Kecamatan Manyak Payed. 

Apalagi Pemkab sudah pernah menyurati Kapolda Aceh pada 2017, perihal pokok dimaksud dalam surat Nomor 100/1924 tertanggal 19 Juli 2017. 

Kapolres Aceh Tamiang turut menguatkan permintaan melalui Telaahan Staf Nomor B/TS/01/II/REN.1.1/2018 dan Surat Kapolres Aceh Tamiang yang ditujukan kepada Kapolda Aceh  bernomor B/TS/413/II/REN.1.1/2018 perihal pokok Pengalihan Polsek Manyak Payed ke Wilayah Hukum Polres Aceh Tamiang.

Forkopimda Aceh Tamiang sepenuhnya mendukung usulan masyarakat. 

Kapolda Aceh, memberikan tanggapan dengan menyurati Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri perihal Penataan Tipologi Polsek di Wilayah Hukum Daerah Aceh, termasuk di dalamnya pengalihan Polsek Manyak Payed menginduk kembali ke Polres Aceh Tamiang.


Kunjungan ke Mabes Polri, Bupati dan rombongan diterima oleh Kepala Biro Kelembagaan dan Tata  Laksana (Karo Lemtala) pada Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri, Brigjen Pol. Drs. Yasdan Rivai M.Hum. 

Dalam pertemuan itu tanggapan Brigjen Yasdan, ada beberapa persyaratan Administratif untuk keperluan dimaksud yang mesti dipersiapkan adalah Surat Usulan ditujukan kepada Kapolri dan ditandatangai Kapolda Aceh.

Perihal pokok surat diubah menjadi: Penataan Daerah Hukum.

Pemkab mengusulkan kembali kepada Kapolda Aceh dan Kapolri dan dibuat masing-masing usulan.

Kalau sudah diusulkan Polda Aceh, Mabes akan segera memproses perihal tersebut .

Mabes nantinya hanya memberikan Persetujuan. Surat Keputusan perihal tersebut dikeluarkan Kapolda Aceh, tulis Kasubbag Humas Setdakab Aceh Tamiang yang diterima   TamiangNews.com[] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.