TamiangNews.com, TAKENGON -- Lima desa di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (7/7/2019) siang, dilanda hujan es.


Bongkahan es sebesar kelereng membuat ratusan rumah yang beratap daun dan asbes, rusak karena tertembus es yang jatuh dari langit.

Data yang dihimpun Serambinews.com, jumlah desa yang terdampak hujan es ini di antaranya Kampung Paya Dedep, Paya Tungel, Jeget Ayu, Jagong Jeget, dan Kampung Bukit Kemuning.

Guyuran hujan es berlangsung sekitar 15 menit.

Untuk sementara, rumah warga yang rusak di Kampung Paya Dedep, mencapai 181 unit.

“Sedangkan beberapa kampung lainnya masih dalam proses pendataan,” kata Kasun, staf Kantor Camat Jagong Jeget, kepada Serambinews.com.

Seorang warga Kampung Jeget Ayu, Supri Nurhayati yang dihubungi Serambinews.com, menuturkan awalnya tidak ada tanda-tanda akan terjadi hujan karena cuaca terlihat cerah.

Namun dalam waktu singkat, cuaca pun berubah. “Tiba-tiba terdengar gemuruh petir dan langsung turun hujan es,” kata Supri Nurhayati.

Saat itu, Supri Nurhayati mengaku sedang mengikuti pengajian di salah satu rumah tetangganya, dan langsung pulang karena warga mulai panik.

Menurut Supri Nurhayati, bongkahan es yang jatuh dari langit, rata-rata hampir sebesar kelereng.

Bahkan hujan es tersebut membuat sebagian atap rumahnya bolong-bolong dihantam bongkahan es.

“Baru kali ini saya melihat hujan es seperti ini. Esnya banyak dan besar-besar. Malah sempat saya kumpulkan sampai satu ember,” ujarnya. [] SERAMBI




Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.