TamiangNews.com | KARANG BARU --Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Bagian Hukum Setdakab selenggarakan kegiatan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Naskah Akademik Rancangan Qanun (Raqan) Tahun 2019, dilaksanakan di Aula Bappeda setempat sejak, Kamis (25/07) s/d Jumat (26/07). 
Kasubbag Perundang-Undangan Bagian Hukum Setdakab Ramza Gunawan menjelaskan, Rancangan Qanun yang telah dibahas dalam forum RDPU akan dikembalikan kepada instansi pemrakarsa untuk diperbaiki sebelum diajukan kepada pihak legislatif untuk dibahas bersama-sama.
Pihaknya, sebut Ramza, bersama tim ahli yang ditunjuk oleh instansi pemrakarsa turut memberikan pendampingan dalam perbaikan naskah Raqan. Pendampingan terutama dilakukan pada tahapan pengkajian dan penyelarasan naskah Raqan.
Ramza menambahkan, setelah diperbaiki, keempat naskah Rancangan Qanun yang diprakarsai oleh SKPK dan Lembaga Keistimewaan Aceh yang dibahas dalam forum RDPU dua hari ini akan diajukan kepada DPRK, di sana nantinya Badan Legislasi (Banleg) DPRK akan bermusyawarah untuk dimasukkan kedalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) dan menyusun jadwal pembahasan Raqan bersama pihak eksekutif. 
Kabag Hukum Setdakab Rahmadani yang membuka sekaligus menjadi moderator kegiatan menyebutkan, menyampaikan RDPU Rancangan Qanun merupakan perintah dari Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pembentukan Qanun, yang mewajibkan adanya partisipasi dan peran aktif masyarakat. RDPU ini merupakan bentuk keterbukaan Pemerintah kepada publik.
Dalam kegiatan RDPU selama dua hari itu, ada 4 (empat) naskah akademi rancangan qanun yang disampaikan di forum tersebut. 
Rancangan Qanun Pengelolaan Sampah menjadi pembuka forum. Naskah akademik Raqan Pengelolaan Sampah diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup.
Selanjutnya, naskah raqan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Kabupaten Aceh Tamiang yang diprakarsai oleh Dinas Kominfo dan Persandian.
Pada hari Jumat pagi, naskah akademik Raqan Pakaian Adat Tamiang yang diprakarsai Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Tamiang dibahas di forum RDPU. 
Pada pembahasan Raqan ini, forum diskusi yang terjadi amat menarik, terlebih para tokoh-tokoh adat sempat hangat berdiskusi tentang isi pasal demi pasal yang terdapat dalam naskah tersebut.
Pada sesi penutup, naskah akademik Raqan Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas yang diprakarsai Dinas Perhubungan menjadi raqan terakhir dalam forum RDPU tersebut.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.