TamiangNews.com, JAKARTA -- Keberadaan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) dalam pertemuan tokoh politik kini kerap terlihat. Setelah tampak pada pertemuan Presiden terpilih Jokowi dan Prabowo Subianto di MRT Jakarta, BG kembali terlihat saat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu Prabowo.

Foto : Kumparan
BG terlihat sejak awal pertemuan Mega dengan Prabowo di kediaman Mega, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7). Pertemuan tersebut merupakan pertama usai Pilpres 2019 sejak kedua terakhir bertemu dalam perlombaan Pencak Silat Asian Games 2018.

Prabowo tiba di lokasi pertemuan didampingi Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani pukul 12.30 WIB. Mereka disambut Mega bersama kedua anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo. Selain itu, politikus PDIP Pramono Anung dan BG turut serta menyambut kedatangan rombongan Prabowo.


Tak sampai di situ, BG juga turut serta dalam pertemuan tertutup antara Mega dan Prabowo di dalam rumah. Dari foto-foto yang diterima kumparan, suasana akrab tampak menyelimuti makan siang tersebut, termasuk BG yang tampak akrab dengan para tokoh politik tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan kehadiran BG di tengah pertemuan kedua tokoh itu karena adanya tanggung jawab seluruh lembaga negara, termasuk BIN, dalam menjaga suasana kondusif usai Pemilu 2019.

"Sejak awal kan namanya seluruh badan-badan negara itu kan juga punya tanggung jawab pasca-Pemilu 2019 untuk membangun semua suasana kondusif agar suasana betul-betul dapat membangun sebuah rasa ketentraman tapi juga optimisme ke depan," kata Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).


Hasto membantah kehadiran BG karena memiliki kedekatan dengan Megawati dan PDIP. Ia menegaskan kapasitas BG di pertemuan itu adalah Kepala BIN.

"Bukan, kader itu kan ber-KTA (Kartu Tanda Anggota) dan itu telah mengikuti program kaderisasi dan beliau (BG) enggak pernah," ucapnya.

Sebelumnya, saat Jokowi dan Prabowo bertemu di MRT Jakarta pada Sabtu (13/7) tampak juga sosok BG. Mantan Waka Polri itu tampak berperan aktif dalam pertemuan perdana antara Jokowi dan Prabowo Subianto usai Pilpres 2019. Ia bahkan sosok penyambut kedatangan dan pengantar kepulangan Prabowo.


Seskab Pramono Anung menjelaskan BG termasuk sosok penting dalam mewujudkan pertemuan Jokowi dan Prabowo.

“Pak BG kan kepala BIN ya, beliau tentunya kerja tanpa ada suara. Dan alhamdulilah yang dikerjakan hari ini tercapai,” kata Pramono di Mal FX Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, usai pertemuan antara Jokowi dan Prabowo pada Sabtu (13/7).

Hal senada diutarakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga hadir dalam pertemuan tersebut. Selain BG, sosok yang berperan adalah Waketum Gerindra Edhy Prabowo dan Pramono Anung.

“Ada Pak Pram (Pramono Anung), ada Pak BG, Pak Edhy Prabowo itu orang baik semua mereka memang bersahabat ya,” kata Budi Karya. [] KUMPARAN

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.