TamiangNews.com | KARANG BARU -- Membangun Dynamic Governance  atau Pemerintahan Dinamis harus berpikir dengan 3 cara yaitu, Think High, Think Again, dan Think Cross,  seorang pemimpin harus memiliki pemikiran atau terobosan yang tinggi untuk membangun daerah. Pemimpin juga harus mengetahui apa yang masyarakat pikirkan.
Hal itu disampaikan oleh Dr. Ir.  Azwar Abu Bakar, MM saat ia menjadi pemateri pada Sosialisasi Peraturan Kepegawaian di lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang. Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Jum’at (26/07).

Mantan Menteri PAN-RB periode 2011-2014 tersebut memberi paparan mengenai Manajemen SDM Aparatur dalam Perspektif UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Azwar menjelaskan, tujuan utama dari UU ASN diantaranya yaitu menciptakan kinerja yang independen dan netralitas, kompetensi dan integritas dengan menggunakan prinsip dasar yaitu  “Sistem Merit” yang artinya kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

Pada materinya, Azwar Abu Bakar yang juga pernah menjabat Gubernur Aceh ini menjelaskan fungsi dan peran pegawai ASN ialah sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik dan perekat dan pemersatu bangsa. 

Sementara peran ASN yakni sebagai perencana, pelaksana dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pada kesempatan ini, tokoh masyarakat yang juga Tim Asistensi Ahli Bupati Mayjen (Purn) Sulaiman AB, juga turut memberikan arahan dan mengingatkan untuk disiplin dalam bekerja. 
Sulaiman menyebutkan disiplin merupakan kunci untuk menjadikan Aceh Tamiang lebih baik mandiri dan inisiatif.

“Banggalah menjadi pejabat yang bekerja di Aceh Tamiang untuk membangun Bumi Muda Sedia. Beri semua tenaga, ide, dan pikiran yang dimiliki untuk Negeri ini serta berbuatlah untuk kepentingan Aceh Tamiang. 

Banyak Kabupaten dengan umur yang masih muda tetapi sudah lebih maju dari Kabupaten Aceh Tamiang,” terangnya.

Dijelaskannya, ada 3 hal yang mesti dimiliki dalam membangun Kabupaten Aceh Tamiang. Pertama, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi; Kedua, senantiasa meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia; dan yang Ketiga, disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas.

Mendukung hal tersebut di atas, Bupati Mursil juga menekankan sikap disiplin yang harus dimiliki oleh ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Para ASN diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja, menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam bekerja.

Acara ini selain dihadiri oleh para pembicara yaitu Dr. Ir. Azwar Abu Bakar, MM, Mayjen (Purn) Jendral Sulaiman AB., serta Iskandar Sulaiman selaku Tim Asistensi. Juga tampak hadir Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST, Sekretaris Daerah Basyaruddin, para Kepala SKPK serta para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.