TamiangNews.com, KARANG BARU -- Aceh Tamiang adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh. Daerah ini dikenal juga dengan nama Bumi Muda Sedia, kabupaten ini berjarak 250 km dari Kota Medan sehingga akses dan harga barang disini lebih murah daripada daerah Aceh lainnya.
Aceh Tamiang juga termasuk salah satu Kabupaten yang memiliki banyak ragam kuliner atau makanan tradisional, baik berbahan ikan, buah-buahan, tanaman serta bahan lainnya.
Seiring waktu, ragam kuliner yang merupakan kekayaan lokal daerah ini cenderung semakin tidak dikenal terutama oleh generasi muda.
Untuk itu Pemda setempat melalui  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang melakukan promosi ragam kuliner khas Aceh Tamiang dengan menjual berbagai produk jajanan khas Aceh Tamiang, di Sekretariat Dekranas Daerah Aceh Tamiang - Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Tamiang, dimulai sejak Senin (01/7) kemarin. 
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini dengan maksud mengangkat dan memperkenalkan kembali, Ragam makanan tersebut yang sering disajikan pada acara tertentu, dipamerkan serta diperjualbelikan. 
Sasaran promosi tahap awal memang masih terbatas, hanya promosi terdekat adalah SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, namun, tetap membuka akses seluasnya kepada khalayak umum. 
Promosi yang dilakukan, Dekranasda menjual jajanan tersebut dengan harga terjangkau. Promosi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memasarkan hasil makanan yang diproduksi oleh industri rumah tangga di Aceh Tamiang.
Beberapa jenis makanan khas Aceh Tamiang yang dipasarkan adalah ketupat kemuli, timpan, kue kering, marke, keripik stik, serta manisan pelbagai buah. 
Ketupat Kemuli misalnya, pada promosi dijual hanya seharga Rp. 10ribu/porsi. Manisan aneka buah dihargai Rp. 20ribu/porsi, dan timpan hanya Rp. 5.ribu/porsi.
Dengan adanya promosi pemasaran ini, Dekranasda berusaha memfasilitasi pengrajin untuk menjual hasil produksinya, sekaligus melakukan pembinaan agar pengrajin lebih termotivasi dalam memproduksi makanan khas Aceh Tamiang.
Bila ingin menikmati jajanan khas Bumi Muda Sedia, Sekretariat Dekranasda Aceh Tamiang melayani pembeli mulai pukul 09.00 WIB s.d.13.00 WIB, setiap hari kerja[]TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.