TamiangNews.com, TENGGULUN -- Acara Ground Breaking ( Pencangkulan tanah pertama ) cetak sawah Kodim 0117/Atam tahun 2019 yang dilaksanakan di Dusun Adil Makmur I, Desa Tenggulun Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang di hadiri langsung oleh Dandim 0117/Atam. Senin (01/07).
Pada Kesempatan itu Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S.Sos, M.I. Pol mengatakan ground Breking cetak sawah tahun 2019 di Kabupaten Aceh Tamiang, direncanakan seluas 290 hetktar namun hanya dikerjakan 212,49 Hektar.
Kegiatan ini menggunakan Anggaran APBA, sebagai pelaksana lapangan adalah kodim 0117/Atam sesuai dengan MoU TNI dengan Pemerintah Provinsi Aceh semoga kita bisa menjalankan cetak sawah ini sesuai harapan, jelasnya.
Menyangkut dengan Irigasi untuk sawah yang mau dicetak juga telah dikordinasikan dengan Provisnsi dan telah di lelang dengan Anggaran sebesar Rp.10 M, demikian bisa bermanfaat untuk masyarakat, yang memiliki lahan dan bagi warga yang mau dicetak sawah agar lebih bermanfaat daripada tanaman lain karena tujuan cetak sawah ini menjadi sawah yang produktif supaya masyarakat menjadi sejahtera dan makmur.
Apabila ada kekurangan ukuran pembetukan sawah kemukinan akan terjadi karena akan digunakan sebagai pematang dan berharap masyarakat Tenggulun yang belum memiliki sawah diharapkan mendapat bagian dan harus digunakan untuk bertani bukan untuk dijual belikan.
Dandim juga mengatakan pihaknya hanya menjalankan tugas hasil MoU TNI dengan Pemerintah Pusat diharapkan saling bekerjasama dalam mengerjakan cetak sawah semoga kegiatan dapat berjalan lancar dengan saling menjaga ", imbuhnya. 
Bupati Aceh Tamiang diwakili Plt Kadis Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, SP, menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati karena ada acara yang tidak bisa ditinggal  sehubungan adanya kemalangan keluarganya.
Yunus mengatakan kegiatan cetak sawah ini supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Atam bisa berbuat setelah Pasca Pencetaan Sawah baru untuk masyarakat dengan program program Pertanian.
Kegiatan cetak sawah ini akan dikerjakan selama lima bulan kedepan dengan luas 212,49 hektar dengan angaran APBA ( Otsus ) ", ungkapnya.
"Tahun depan akan di alokasikan cetak sawah sekitar 100 hektar, untuk Kecamatan Tenggulun kedepan supaya bisa mengambil anggaran dari pusat maka lokasi cetak sawah harus mencapai 1.000 Hektar karena atas nama cetak sawah Pusat selalu mendukung.
Yunus mengharapkan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) harus selalu berkordinasi dengan Babinsa setempat sebagai pelaksana lapangan untuk mengetahui selama kegiatan cetak sawah berlangsung", tambahnya.
Di Acara Ground Breaking cetak sawah ini juga dilaksanakan tradisi Peusejuk sebelum mengawali kegiatan cetak sawah.
Hadir dalam acara Ground Breaking selain Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S.Sos. M.I. Pol, dan Plt Kadis Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Atam Yunus, SP, juga hadir Camat Tengulun M. Ilham, S.STP, Pasi Intel Kodim 0117/Atam  Kapten Inf Nunu Rukmana, Pasi Ter Kodim 0117/Atam Kapten Inf Abidin, Para Danramil Kodim 0117/ Atam, Datok Penghulun Desa Tenggulun  Abiddin, Danpos Koramil Kec. Tenggulun Pelttu Marsono, Danpos Polisi Kec. Tenggulun Ipda Marin, Anggota PPL Desa Tenggulun Dinas Pertanian dan Perkebunan Atam, Tokoh Masyarakat Tengulun Drs Farhadi, Anggotan Kodim 0117/Atam, Imam Desa Tenggulun M. Rohisun, Para Ketua Kelompok Tani Desa Tenggulun, Masyarakat Desa Tenggulun, tamu undangan. []TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.