TamiangNews.com, KARANG BARU --Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn., membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Aceh Tamiang yang digelar oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, dipusatkan di Aula Kantor, Selasa pagi (2/7).
Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn., saat memberikan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2019 M/1440 H. (dok. Humas 2019)

Kakankemenag Aceh Tamiang Hasan Basri, selaku Ketua Panitia penyelenggara kegiatan dalam laporannya menyampaikan tentang keadaan dan kondisi calon jama’ah secara keseluruhan.
“Jama’ah Calon Haji (JCH) yang berangkat tahun ini sebanyak 113 (seratus tiga belas) orang, terdiri 46 (empat puluh enam) laki-laki dan 67 (enam puluh tujuh) perempuan”, ungkap Hasan Basri.
Selain itu Kakankemenag juga menyampaikan bahwa Kabupaten Aceh Tamiang masuk dalam kloter 7 (tujuh) dan akan berangkat pada tanggal 28 Juli 2019 sekira pukul 20.30 WIB dengan titik kumpul di Tribun Lapangan Belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang.
Sementara itu Bupati Mursil dalam arahannya kepada para Jama’ah Calon Haji untuk mempersiapkan fisik dan mental yang prima. 
Pelaksanaan ibadah haji, sebut Bupati, merupakan rangkaian ibadah yang melelahkan dengan waktu yang relatif lama disertai cuaca dan suasana yang berbeda dari tempat asalnya. 
Selain itu, kegiatan bimbingan juga tidak cukup hanya dengan buku pedoman tapi juga membutuhkan praktik dalam bentuk ritual sekaligus gerakan fisik.
Mursil juga berharap kepada seluruh Jamaah Calon Haji untuk dapat menyerap semua materi yang disampaikan oleh narasumber dan mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini.
“Dalam kegiatan ini, nantinya Bapak/Ibu akan dibimbing dan dilatih untuk bekal menjalankan ibadah haji, dengan harapan ibadah hajinya mabrur, (menjadi) sempurna dan pengorbanan harta, tenaga dan waktu tidak sia-sia”, ungkap Mursil.
Di akhir arahannya, Bupati Mursil meminta kepada para JCH dapat mengikuti kegiatan manasik haji dari awal hingga selesai yang dijadwalkan pada hari ini, Selasa 02 Juli s.d. 03 Juli 2019.
Pembukaan Manasik Haji ini dihadiri oleh Kasdim 0117/Aceh Tamiang Mayor Inf. A. Ayani, Ketua MAA Abdul Muin, Pimpinan BPS-BPIH, Ketua IPHI, Para Kepala Seksi dan Kepala KUA di lingkungan Kantor Kementerian Agama, Kepala Bank Rakyat Indonesia, Kepala Bank Syari’ah Mandiri, Kepala Bank Muamalat dan para jama’ah calon haji. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.