TamiangNews.com, LHOKSEUMAWE - Amanar Abdillah (17) asal Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, mendapatkan panggilan dari PSSI pusat, guna mengikuti seleksi tim nasional (Timnas) U-18 yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Piala AFF Championship 2019 dan kualifikasi AFC U-19 Championship 2020.


Amanar (tengah) didampingi ayahnya Fadli Singgalang (kanan) dan dan Presiden Klub SSB Posila Ishaq Rizal.(photo Serambinews).

Pemanggilan ini melalui surat bernomor 1852/AGB/352/VI-2019 tertanggal 9 Juni 2019. Surat itu ditujukan ke manajemen SSB Posila Blang Panyang Lhokseumawe, sehubungan SSB Posila merupakan klub dasar dari putra kedua dari pasangan Fadli Singgalang dan Sri Nila tersebut.

Pria kelahiran Lhokseumawe pada 30 Juni 2002 lalu itu, kepada Serambinews.com, menceritakan bahwa dirinya mulai bermain bola sejak kelas II SD di SSB Posila Blang Panyang. Dia dulunya merupakan murid SD Krueng Geukueh, Aceh Utara.

Sejak itu, Amanar yang bermain di barisan depan ini terus melatih kemampuannya dalam mengolah sikulit bundar,  termasuk saat masih menduduki bangku SMP Arun Lhokseumawe.

Pada tahun 2015, atau saat menduduki bangku kelas II SMP, dia pun berpeluang bermain di tingkat nasional pada Piala Menpora U-14 di Jakarta. Kala itu Amanar bermain di klub SSB Posila Blang Panyang, selaku perwakilan Aceh.

Tampil maksimal di barisan depan Posila, Amanar pun mendapatkan lirikan dari pemandu bakat nasional, sehingga dipanggil pertama untuk bergabung dengan Timnas U-15 pada di Liga Pelajar Asia yang berlangsung di Malaysia.

Sepulangnya dari Liga Pelajar Asia, dia pun mulai mendapatkan tawaran untuk bermain di sejumlah klub ternama di Indonesia. Awalnya dia bergabung di PS Tira Junior.

Saat bergabung di PS TIra atau pada saat menduduki bangku kelas III SMP tahun 2016, dia pun memutuskan pindah sekolah ke Bandung.

Satu tahun kemudian, Amanar bisa masuk ke SMA Negeri 23 Bandung melalui jalur siswa prestasi. Kini dia sudah kelas II, tapi tetap mendapatkan beasiswa dari sekolah tersebut.


Sedangkan namanya dikancah persepakbolaan nasional semakin dikenal. Pasalnya tidak lama bergabung di PS Tira, dia kembali bergabung ke Persib Bandung Junior , dan kini sudah tercatat sebagai pemain Bayangkara FC U 18-20.

Selain bergabung dengan sejumlah klub ternama di Indonesia, Amanar pun sempat beberapa kali memperkuat timnas. Di antaranya, Timnas ajang AFF Cup U-15, AFC Cup U-17, serta PSSI Garuda Selection 2019 di England.

Pemain Bayangkara FC U 18-20 ini mengakui dirinya sudah beberapa kali bergabung ke timnas guna mempertahankan nama Indonesia baik tingkat Asia maupun dunia.

Namun saja, dengan panggilan untuk ikut seleksi Timnas U-18 untuk piala AFF 2019 sekarang ini, dia mengaku sempat terkejut.

"Alhamdulillah kini saya dapat panggilan lagi untuk mengikuti seleksi timnas U-18. Tapi saya merasa sangat terkejut, karena saya baru berumur 17 tahun, tapi sudah berpeluang ikut seleksi untuk U-18," ujarnya.

Namun begitu, dia begitu optimis akan lolos untuk bergabung dengan Timnas U-18. "Saya yakin bisa terpilih untuk bergabung dengan Timnas U-18," katanya.

Seleksi berlangsung dari 11-18 Juni 2019 di Cikarang Jawa Barat. Untuk diketahui Amnar sudah bebera kali memperkuat timnas, diantaranya timnas ajang AFF Cup U-15, AFC Cup U-17, serta PSSI Garuda Selection 2019 di England.[] SERAMBINEWS.COM






Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.