TamiangNews.com - Banda Aceh --Sedikitnya 20 Kabupaten/Kota se Aceh ikut Seleksi Gita Bahana Nusantara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh pada Minggu dan Senin (23-24 Juni- 2019) di Gedung Taman Budaya Banda Aceh, Selasa (25/6).

Hal itu disampaikan Edi Suwanto selaku Pimpinan Kontingen yang merupakan Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan guna mencari para Paduan Suara untuk diperlombakan pada Tingkat Nasional dalam mengisi kegiatan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2019 yang akan mendatang.

Dijelaskan Edi, setiap Propinsi mengutus 4 (empat) orang yang terdiri dari 1. Jenis suara Sopran (suara tinggi wanita). 

Adapun katagori perlombaan 1 jenis suara Alto (suara rendah wanita). 1 Jenis suara Tenor (suara tinggi pria). 1 Jenis suara Bass ( suara rendah Pria). 

Nanti yang diberangkatkan ke Jakarta untuk mewakili Provinsi hanya juara 1 dari masing-masing jenis suara. 

Adapun yang menjadi juri penilaian dalam seleksi di Propinsi, merupakan kolaborasi Juri dari Propinsi dan Juri Nasional. 

Sedangkan hadiah yang diperebutkan dalam kegiatan ini, pihak Propinsi menyediakan total hadiah Rp 46 juta untuk keseluruhan Juara baik juara 1, 2, 3 dan juara harapan I, masing masing untuk Juara I, Rp.4 juta, II. Rp.3 juta, III. Rp.2,5 juta dan IV. Rp.2 juta, pajak di tanggung pemenang.

Kabupaten Aceh Tamiang sendiri menurunkan 14 (empat belas) Penyanyi, 10 (sepuluh) orang diantaranya mendapat juara.  

Semua peserta dibimbing dan di bina oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang melalui Bidang Kebudayaan, adapun pelatih, langsung ditangani oleh Elisa, S.Pd Kasi Kesenian. 

Adapun Perolehan juara bagi Aceh Tamiang untuk Putra suara Bass menyabet untuk seluruh juara yakni juara 1, 2, 3 dan 4, demikian juga untuk jenis suara Tenor memperoleh 1, 2, Sedangkan Putri hanya memperoleh juara 2 dan 3 jenis suara Alto, sedangkan untuk Jenis suara Sopran hanya memperoleh juara 2 dan 3.

Adapun juara masing masing kabupaten adalah sebagai berikut juara I Sopran diraih oleh Kota Banda Aceh, juara II Kabupaten Aceh Tamiang, Juara III Kabupaten Aceh Tamiang, Juara Harapan I diraih Kota Banda Aceh. Suara Bas Juara I, II, III dan Harapan I diraih oleh Kabupaten Aceh Tamiang.

Untuk suara Alto Juara I Kabupaten Bener Meriah, Juara II Kabupaten Aceh Tamiang, juara III kabuoatwn Aceh Tamiang dan Juara Harapan I Sabang, sedangkan Jenis suara Tenor Juara I Kabupaten Aceh Tamiang, Juara II Kabupaten Aceh Tamiang, Juara III Kota Langsa, dan Juara Harapan I Kabuoaten Bener Meriah.[] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.