TamiangNews.com, TEKNOLOGY -- Aplikasi VPN (Virtual Private Network) menjadi booming diunduh dan aktif penggunaannya beberapa waktu lalu karena pembatasan akses media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) dan aplikasi pesan instan popular (Whatsapp, Line, Facebook Messenger) oleh pemerintah. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya mengantisipasi penyebaran berita hoax atas aksi 22 Mei 2019.

Foto : Republika
VPN bisa diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store. Penggunaannya cukup mudah yakni download, aktifkan, login/klik langsung secara otomatis Anda akan terkoneksi. Ketika VPN telah aktif semua aktivitas media sosial online yang tadinya diblokir/diperlambat bisa kembali lancar.

Dampak Negatif Gunakan VPN

Selain manfaat VPN yang bisa membuka akses blokir terhadap platform sosmed/website, Anda perlu tahu ada dampak negatif VPN, dalam hal ini sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas layanan perbankan online seperti membuka internet banking dan mobile banking dengan menggunakan koneksi VPN.  

Ada risiko dari penggunaan VPN gratisan khususnya dalam aktivitas perbankan online yang bisa merugikan keuangan Anda. Lantas apa saja risiko berbahaya tersebut? Berikut ulasan cermati.com yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Risiko Pencurian Data Pribadi

Menjaga data-data pribadi (username, password, pin) dalam kaitan dengan layanan perbankan online itu penting. Penggunaan VPN gratisan untuk keperluan akses layanan online perbankan (internet/mobile banking) dengan cara memasukkan data pribadi (username, password, pin) bisa berisiko terjadinya pencurian data pribadi tanpa disadari.

Analis media sosial Ismail Fahmi, dilansir dari Kompas.com (24/5/2019), menjelaskan bahwa cara kerja VPN membuat situs-situs yang diakses oleh pengguna akan tertuju pada server VPN dalam bentuk enkripsi-enkripsi data. Ismail menegaskan pencurian data-data pribadi bisa terjadi apabila datanya tidak dienkripsi oleh server VPN apalagi semua aktivitas akses Anda terekam oleh server VPN.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dengan mengaktifkan VPN Anda bisa menjadi sasaran iklan bertarget karena VPN otomatis merekam kebiasaan Anda browsing website tertentu. Jadi, jangan sembarangan akses internet/mobile banking dengan VPN gratis.

Anda perlu mewaspadai risiko aktivitas perekaman dan penyalahgunaan data dan informasi rahasia Anda oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dampaknya bikin ngeri, dan yang pasti merugikan seperti hilangnya uang di rekening bank Anda hanya karena buka m-banking/internet banking dengan koneksi VPN gratis.

2. Risiko Penyebaran Virus/Malware

Berhati-hatilah saat online menggunakan VPN karena ada risiko penyebaran virus yang berbahaya bagi pemilik ponsel, seperti adanya virus yang bisa leluasa merekam apa pun aktivitas saat Anda membuka internet/m-banking bahkan virus/malware tersebut bisa merekam Anda megetikkan password/PIN m-banking.    

Dikutip dari infomasi sosial media resmi Bank CIMB Niaga mengingatkan semua nasabahnya untuk waspada menggunakan aplikasi VPN atau Proxy di ponselnya karena adanya kemungkinan penyebaran virus dan malware melalui tautan yang berbahaya.

Solusi Bagi yang Terlanjur Gunakan VPN?                

Apabila Anda baru mengetahui informasi ini, harap segera lakukan tindakan preventif berikut ini agar Anda kembali aman dalam akses dan melakukan transaksi perbankan online.

Segera non-aktifkan aplikasi VPN

Sebelum Anda menggunakan layanan online perbankan, sebaiknya Anda non-aktifkan VPN , bila perlu unistall saja VPN gratisan tersebut demi keamanan Anda dari risiko pencurian/perekaman aktivitas online dan data pribadi.

Cek Virus dan Pasang Antivirus/Malware

Bila Anda sudah terlanjut keseringan menggunakan VPN gratisan dan mencoba untuk berhenti maka Anda perlu melakukan cek untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus/malware di smartphone Anda. Pastikan juga ponsel pintar Anda terlindungi antivirus dan anti-malware agar tak terjadi pencurian data.

Segera Ganti Password/PIN Internet dan Mobile Banking

Ini menjadi hal terpenting bila Anda sudah terlanjur pernah gunakan VPN. Segera mengganti semua password/PIN internet dan mobile banking Anda dan ingat lakukan akses online tanpa VPN.

Pikir Ulang untuk Gunakan VPN Gratisan

Apabila telah terjadi hal yang tidak diinginkan (kehilangan uang di rekening) tanpa Anda sadari ketika Anda menggunakan VPN gratisan, maka segeralah menghubungi bank terkait agar pihak bank bisa segera melakukan pengecekan secara rinci sert pemblokiran kartu ATM/Kartu Kredit Anda.

Kini setelah Anda mengetahui risiko yang bisa terjadi ketika menggunakan VPN untuk akses layanan internet/mobile banking, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan berpikir berulang kali sebelum menggunakan VPN gratisan agar Anda tak merugi di kemudian hari. Share informasi bermanfaat ini kepada kerabat/keluarga/teman agar mereka lebih berhati-hati saat menggunakan VPN. [] REPUBLIKA

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.